Jurnal Esensi Infokom: Jurnal Esensi Sistem Informasi dan Sistem Komputer
Vol 7 No 1 (2023): Jurnal Esensi Infokom : Jurnal esensi sistem informasi dan sistem komputer

Perancangan Aplikasi Pemasaran Online Koneksi dengan Marketplace sebagai Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan bagi UMKM

Essy Malays Sari Sakti (Universitas Persada Indonesia YAI)
Nur Aziz (Unknown)
Karno Diantoro (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Stategi pemasaran merupakan suatu cara memperkenalkan barang atau jasa guna meningkatkan daya jual produk. Di era teknologi informasi saat ini pemasaran online merupakan salah satu tindakan dari strategi pemasaran yang dapat diandalkan. Oleh karena itu, perlu kiranya untuk rancang sebuah platform aplikasi yang dapat memasarkan produk sehingga dapat dikenal. Aplikasi pemasaran online yang terhubung dengan media sosial dan marketplace menjadi pilihan dan dirancang khusus untuk UMKM guna memperkenalkan produk kepada konsumen dan memanfaatkan marketplace yang berfungsi sebagai tempat jual beli produk. Dalam pengembangan aplikasi pemasaran online ini menggunakan metode Web Development Life Cycle atau WDLC dan untuk rancangan pemodelan sistem dari aplikasi ini menggunakan Unified Modelling Language atau UML. Pengujian terhadap aplikasi pemasaran ini dilakukan untuk mengetahui keberhasilan fungsionalitas dari fitur-fitur yang telah di buat dan pengujian terhadap tampilan dan penggunaanya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada anggota UMKM. Untuk hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan harapan. Untuk penelitian selanjutnya, aplikasi pemasaran ini dapat menjadi sistem informasi pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KOMPUTASI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal yang berfokus dibidang Informasi, Teknologi, dan hal keilmuan yang terkait dengan scope. Komputer sains & IT, Pengambilan keputusan, Riset operasi & Manajemen, Electrical Engineering, dan ...