Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar di SMKN 3 Mataram. Untuk memperoleh data yang akurat dari jenis penelitian lapangan ini menggunakan teknik pengumpulan data Observasi,Wawancara dan dokumentasi secara kualitataif yang diperoleh dari sumber data langsung maupun tidak langsung dari situasi social berupa tempat, objek, aktifitas,dan buku-buku yang berkaitan dengan peran perpustakaan sekolah.Dari data yang di peroleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan dideskripsi dalam bentuk kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran perpustakaan dalam proses belajar mengajar SMKN 3 antara lain Pelayanan informasi, media pengajaran, pengembagan minat belajar dan menjadi sumber belajar. Simpulannya adalah Keberadaan Perpustakaan selain sebagai sarana penunjang pendidikan juga dapat meningkatakan kualitas dan mutu pendidikan di SMKN 3 Mataram.
Copyrights © 2015