GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 4 No 2 - Apr (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PT TELKOMSEL INDONESIA TBK CABANG MBAY)

Maria Yosefina Muku Usu (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Ronald P C Fanggidae (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Merlyn Kurniawati (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)
Markus Bunga (Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
08 May 2023

Abstract

Persaingan bisnis semakin ketat mengakibatkan banyak perusahaan harus mampu mengetahui dan memenuhi keinginan atau kebutuhan para pelanggan dengan tepat. Tingkat persaingan yang begitu ketat mengakibatkan banyak perusahaan tidak lagi memfokuskan aktifitas pemasaran semata mata pada pencarian pelanggan baru, namun sudah pada bagaimana mempertahankan serta meningkatkan kesetian pelanggan, strategi yang mampu menjebatani antara pelanggan dan perusahaan terutama dalam hal kepuasan dan loyalitas adalah dengan menerapkan konsep yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya CRM baik terhadap kepuasan maupun terhadap loyalitas secara parsial serta mengetahui pengaruhnya CRM secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening dengan penarikan sampel sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi diketahui adanya pengaruh CRM terhadap kepuasan pelanggan sebesar 26,1% dan sisanya 73,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diangkat dalam penelitian ini. Sedangkan hasil pengujian koefisien determinasi pada persamaan regresi ke dua bahwa variabel CRM dan kepuasan pelanggan mempengaruhi tingkat loyalitas sebesar 31,7% dan sisanya 68,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada hasil pengujian variabel intervening menunjukan bahwa kepuasan plenaggan mampu menjadi variabel intervening diantara variabel CRM dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...