JURNAL CURERE
Vol 7, No 1 (2023): Jurnal Curere

PENGARUH KEMAMPUAN CALISTUNG SISWA PAUD RIANDA UNTUK MENGHINDARI MENTAL HECTIC DI JENJANG SEKOLAH DASAR

Ulfah Sari Rezeki (Universitas Quality)
Tina Sheba Cornelia (Unknown)
Salsa Dinil Arafah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran aksara menjadi bagian dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini(PAUD).Pembelajaran aksara ini pada dasarnya lebih ditujukan sebagai pengenalan keterampilan membaca, menulis dan menghitung. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Standar Isi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) Usia 4-5 dan 5-6 Tahun lampiran I peraturan menteri (Permen) pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2014. Pengenalan ini diberikan dengan maksud untuk mempersiapkan kelak anak untuk masuk jenjang pendidikan selanjutnya, yakni pendidikan dasar.Namun demikian, model pembelajaran ideal Calistung PAUD semacam itu menyisakan permasalahan serius dilihat dalam konteks yang lebih luas.Khususnya apabila dikaitkan dengan kesempatan untukmelanjutkan jenjang pendidikan dasar (SD/MI).Beberapa tahun belakangan, masyarakat diresahkan dengan adanya ujian masuk SD/ MI yang berupa tes Calistung.Tidak sedikit SD/ MI menerapkan ujianmasuk Calistung sebagai syarat penerimaan siswa baru dengan standar yang dibuat oleh masing-masing SD/ MI.Sekolah Dasar (SD) memiliki standar kompetensi yang tinggi. Calon siswa harus mengikuti tes membaca, menulis dan berhitung untuk bergabung dengan sekolah itu. Sebenarnya belajar di tamankanak-kanak (TK) dan ditingkat belum menuntut anak menguasai membaca, menulis dan berhitung,calistung hanya sebagai pengantar saja. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan teknik cross sectional dan menggunakan pendekatan retrospektif. Populasi penelitian ini adalah satu kelas dan sampelnya adalah seluruh siswa sebanyak 40 siswa yang menggunakan teknik purposive sampling.Kata kunci: Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Calistung, Mental Hectic, Ujian Masuk Sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...