SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 3, No 1 (2015): SCHOOL EDUCATION JOURNAL

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS V MATA PELAJARAN PKN SD NEGERI 164522 TEBING TINGGI

., Asmawati ( Guru SD Negeri 164522 Tebing Tinggi)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Proses Belajar Mengajar (PBM)  Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi.   Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri 164522  Tahun Pelajaran  2014/2015 pada bulan  Februari - April 2015.  Objek yang diteliti adalah siswa kelas V SD Negeri 164522 Tebing Tinggi  yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas tiga siklus yaitu, Siklus awal (45,71 %), Siklus I (76,26 %), Siklus II (92,18%). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan metode Tipe Kooperatif  STAD padamata pelajaran PKN dapat membantu siswa dalam memenuhi konsep pembelajaran dan mengasyikan untuk belajar bersama. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Metode STAD

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

school

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal countains the result of education research, learning research, and service of the public at primary school, elementary school, senior high school and the ...