Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Pengembangan E-Book BUDINKAH (Buku Digital Infaq dan Sedekah) sebagai Media Pembelajaran PAI untuk Siswa Kelas VI SD

Rahma Ayu Fitriani (Unknown)
Ani Nur Aeni (Unknown)
Rafika Nur’Azizah (Unknown)
Ajeng Regita Ramadhanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2023

Abstract

Pada era sekarang, semua bidang termasuk pendidikan tidak akan bisa lepas dari teknologi. Kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat menjadi salah satu penyebab yang mendorong guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu pemanfaatan teknologi pada dunia pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis digital. Namun berdasarkan fakta di lapangan, masih banyak seorang guru yang belum menggunakan media digital, dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan alat atau media digital. Sehingga kurangnya minat siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, serta pemahaman yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Oleh karena itu, tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain dan pengembangan e-book BUDINKAH “Buku Digital Infaq dan Sedekah” yang dijadikan solusi sebagai media pembelajaran pada materi infaq dan sedekah di kelas VI SD. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan model (D&D) Design and Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Jatihurip, dengan sampel penelitian 50 siswa kelas VI A dan B serta seorang guru PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pembelajaran E-book sangat mempengaruhi kemampuan belajar karena terdapat perbedaan dengan menggunakan buku biasa. Berdasarkan hasil survei 70% siswa merasa senang pada saat pembelajaran dengan menggunakan E-book. Dengan demikian, E-book ini layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...