Artikel ini menunjukkan peran penting pendekatan MSDM dalam meningkatkan kinerja AccountOfficers (AO). Permasalahan diidentifikasi dan data dikumpulkan ketika kegiatan magangmahasiswa berlangsung di KSPPS BMT Bina Ummat Sejahtera KCU Lasem. Salah satupermasalahan utama yang ditemukan adalah belum tercapainya target penyaluran pembiayaandan target penurunan kredit macet. Faktor tersebut bisa berasal dari internal (kinerja pegawaiAO itu sendiri) dan dari eksternal (anggota). Artikel ini memfokuskan pada aspek internalterutama terkait pengetahuan, sikap, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik lain dari SDMorganisasi, terutama Account Officers yang masih belum optimal. Hal ini menjadi salah satupenyebab pegawai AO belum dapat mencapai target penyaluran pembiayaan maupun penurunantarget kredit macet. Observasi dan interviews dengan manajer dan Account Officers dilakukanuntuk mengetahui kondisi eksisting kegiatan pelatihan dan pengembangan yang sudah dilakukan.Hal tersebut kemudian dikaji menggunakan teori yang relevan. Dari hasil analisis kualitatif yangtelah dilakukan, studi ini menyarankan bahwa pelatihan dan pengembangan berperan pentinguntuk meningkatkan kinerja Account Officers. Karenanya KSPPS Bina Ummat Sejahtera perlumeningkatkan program pelatihan dan pengembangan SDM nya baik dari aspek materi, frekuensimaupun metodenya dengan mengakomodasi pengembangan softskill dan pemanfaatan teknologidigital.
Copyrights © 2022