JPLED
Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Pengembangan Interpersonal Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok

Afif Fauzan Zarror (Unknown)
Muhamad Nur Azmi Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Nabilaa Noor’Aini (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Perkembangan siswa dalam kemampuan berhubungan dengan orang lain, baik dalam kerjasama maupun interaksi, perlu diperhatikan. Banyak permasalahan yang muncul antar siswa di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, salah satunya adalah seringnya terjadi perdebatan dan keterlibatan emosional secara personal akibat kurangnya kemampuan interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengembangan hubungan yang efektif antar siswa. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan interpersonal diperlukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan berguna untuk mencegah konflik, sekaligus unsur utama yang harus dimiliki siswa guna penyesuaian diri agar dapat meraih kesuksesan akademik, sosial maupun karir. Peningkatan keterampilan interpersonal dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan kelompok, khususnya melalui pembahasan topik yang amat diperlukan dalam siswa berinteraksi dengan orang lain. Proses bimbingan kelompok melalui model yang ditampilkan pemimpin kelompok akan efektif karena dapat secara langsung dipelajari anak melalui model yang ditampilkan konselor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...