cover
Contact Name
Rizki Putri Ramadhani
Contact Email
rizki_putri@polinema.ac.id
Phone
+6281334622521
Journal Mail Official
rizki_putri@polinema.ac.id
Editorial Address
Jalan Selat Sunda IV/D4 Lesanpuro, Kedung Kandang, Malang, Indonesia.
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JPLED
ISSN : -     EISSN : 28091205     DOI : 10.58737
Core Subject : Education,
Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It includes teaching practice and educational development in early childhood education, basic education, secondary education, higher education, and vocational education in formal, non-formal, and informal education systems. This journal was first published in March 2021, publish quarterly (March, May, August, and November). Changes have been published quarterly since 2023.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 120 Documents
Pengembangan Interpersonal Peserta Didik Melalui Bimbingan Kelompok Afif Fauzan Zarror; Muhamad Nur Azmi Wahyudi; Nabilaa Noor’Aini
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.993 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i1.1

Abstract

Perkembangan siswa dalam kemampuan berhubungan dengan orang lain, baik dalam kerjasama maupun interaksi, perlu diperhatikan. Banyak permasalahan yang muncul antar siswa di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, salah satunya adalah seringnya terjadi perdebatan dan keterlibatan emosional secara personal akibat kurangnya kemampuan interpersonal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengembangan hubungan yang efektif antar siswa. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan interpersonal diperlukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan berguna untuk mencegah konflik, sekaligus unsur utama yang harus dimiliki siswa guna penyesuaian diri agar dapat meraih kesuksesan akademik, sosial maupun karir. Peningkatan keterampilan interpersonal dapat dilakukan melalui kegiatan bimbingan kelompok, khususnya melalui pembahasan topik yang amat diperlukan dalam siswa berinteraksi dengan orang lain. Proses bimbingan kelompok melalui model yang ditampilkan pemimpin kelompok akan efektif karena dapat secara langsung dipelajari anak melalui model yang ditampilkan konselor.
Hubungan Tindakan Bullying dengan Tingkat Kepercayaan Diri Seseorang Alfarkhan Adji Permana; Farhan Syarifur Rahman; Nur’Aini Ermasaroh
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 1 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.576 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i1.2

Abstract

Bullying merupakan fenomena yang sering terjadi pada remaja terutama di lingkungan SD, SMP, SMA, bahkan di lingkungan perguruan tinggi masih sering terjadi kasus bullying. Pelaku bullying ini bisa menyerang jantung, fisik, dan yang terparah adalah mentalitas korban. Ketika seseorang diserang secara mental, maka akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri orang tersebut, bahkan dalam kasus yang paling parah, korban bullying dapat mencoba bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bullying dengan kepercayaan diri seseorang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey kepada mahasiswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara bullying dengan kepercayaan diri seseorang. Saran bagi remaja agar tidak mudah terombang-ambing oleh omongan orang lain dan mencari lingkungan pertemanan yang sesuai.
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 Arumia Fairuz Husna; Achmad Supriyanto
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.79 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i3.3

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah yang digulirkan beberapa tahun terakhir telah membuahkan hasil, yaitu meningkatnya minat baca di Indonesia. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, tentunya ada kendala dan tantangan baru dalam penyelenggaraan Gerakan Literasi Sekolah, khususnya di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah di tingkat sekolah dasar di masa pandemi Covid-19 dan kendala apa saja yang dihadapi serta bagaimana solusinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi literasi. Hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi Gerakan Literasi Sekolah di tingkat sekolah dasar di Indonesia pada masa pandemi Covid-19, salah satunya program Sibatu Guli dan Tugu Berseri. Kemudian, memaparkan kendala yang dihadapi oleh siswa, orang tua siswa dan guru yang dapat diatasi dengan membaca digital pada platform yang sudah ada seperti web tool Story Jump, Literacy Cloud, dan platform lainnya.
Pengaruh Desain Media Pembelajaran dengan Program Adobe Flash CS 6 untuk Belajar Berhitung Gusnita Darmawati; Yulifda Elin; Fenny Ayu Monia
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.862 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i3.4

Abstract

Media merupakan salah satu alat untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi, agar siswa mudah dan cepat memahami materi yang disampaikan. Untuk itu penulis merancang media pembelajaran dengan menggunakan program Adobe Flash CS 6 untuk belajar mengenal bilangan dan berhitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Adapun populasinya adalah siswa suluruh TK Islam Masythah Bukittinggi, teknik pengambilan sampel adalah teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji hasil belajar siswa, yaitu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil yang diperoleh dengan uji t, berdasarkan hasil analisis uji t diole = 3,62 > dari t tabel 1,66 pada taraf nyata. taraf = 0,05 berarti Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan desain media pembelajaran dan dengan menggunakan metode konvensional. Data yang diperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan desain media pembelajaran lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan metode konvensional. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 80,73 dengan standar deviasi 12,56 sedangkan kelas kontrol 69,39 dengan standar deviasi 12,74. Dari hasil uji koefisien determinasi bahwa ada pengaruh desain media pembelajaran berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa sebesar 88,60%.
Penerapan Pemahaman Pedagogik melalui Pendidikan Berbasis Teknologi Muhammad Rizky Pratama; Nurul Yumna Nabila D
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 2 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (782.911 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i2.5

Abstract

Dalam pengertian pedagogik, seorang pendidik harus memiliki kredibilitas yang mumpuni sebagai pengajar jika ia bersedia mengajar. Seni mengajar dan juga pengetahuan tenstang gaya belajar disebut pedagogik. Kemudian, dalam orientasi cara mengajarnya juga bermacam-macam. Misalnya, ada gaya belajar konvensional hingga gaya modern. Namun, hiburan dengan cara terbaru atau yang disebut dengan cara modern cenderung menjadi asing bagi sebagian pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini sedang berlangsung untuk mencari tahu sebab akibat dari apa yang membuat guru/pendidik tidak mau atau tidak ada niat untuk belajar dan menerapkan cara mengajar dengan metode pengajaran gaya baru dan dengan media baru. elektronik yang disebut teknologi.
Strategi Pembelajaran PQ4R Solusi Untuk Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan Nelsa Putri Ayu; Aninditya Sri Nugraheni; Abroto Abroto
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 2 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.833 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i2.6

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dalam mengatasi siswa sekolah dasar berkebutuhan khusus tunagrahita. Metode yang digunakan untuk melatih anak tunagrahita adalah dengan menggunakan strategi PQ4R dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian ini merupakan kajian hasil pustaka yang terdiri dari buku dan jurnal ilmiah serta Observasi ke SD sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode PQ4R efektif digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran khusus dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu pemahaman bacaan. Guru ini sebagai ujung tombak untuk lebih mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Analisis Biaya Satuan Pendidikan di SMK SAIS 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2020/2021 Widiasih KS; Sandi Pratama; Ujang Cepi Berlian
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (603.979 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i3.7

Abstract

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari sumber daya manusianya. Bangsa yang cerdas akan menggunakan sumber dayanya secara efektif dan efisien. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 tentang Fungsi dan Tujuan Pendidikan Nasional, Pasal 31 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Nomor 65 Tahun 2005 tentang Standar Pelayanan, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 62 tentang Biaya Pendidikan dan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan bab IX Standar Pembiayaan Pasal 32 Pendidikan di atas merupakan dasar pengembangan pendidikan nasional. Peningkatan mutu merupakan salah satu pilar pembangunan pendidikan di Indonesia. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Satuan biaya pendidikan per siswa menggambarkan secara rinci beban siswa selama menempuh pendidikan di sekolah. Satuan beban setiap siswa akan dicocokkan dengan subsidi dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat sehingga dapat diketahui besarnya beban yang harus ditanggung oleh siswa. Satuan biaya pendidikan per siswa akan menjadi dasar pertanggungjawaban keuangan sekolah kepada masyarakat dan dasar pengambilan keputusan. Dengan perhitungan yang detail dan transparan akan memberikan informasi biaya yang harus dikeluarkan oleh sekolah untuk dapat memberikan layanan pendidikan dan besarnya dana tambahan dari masyarakat untuk menutup biaya jika pendapatan sekolah dari pemerintah dan bantuan lainnya tidak mencukupi. memadai sehingga mudah mendorong partisipasi masyarakat dalam hal pembiayaan sekolah. SMK SAIS 1 Kab. Bandung merupakan salah satu sekolah yang ada di Kabupaten Bandung. Ada dua program keahlian di SMK SAIS 1 Kab. Bandung yaitu Health and Marketing Analyst. Di SMK SAIS 1 Kab. Bandung belum ada analisis Satuan Biaya Pendidikan. Perhitungan biaya satuan pendidikan diperlukan oleh sekolah dalam menentukan biaya penyelenggaraan pendidikan yang harus ditanggung oleh setiap peserta didik.
Pendidikan Indonesia pada Masa Pendudukan Jepang Yoni Muslimin; Hudaidah Hudaidah
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.834 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i3.8

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimana keadaan pendidikan Indonesia pada masa pendudukan Jepang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur untuk mendapatkan informasi yang dapat dipercaya terkait dengan topik yang telah ditentukan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah keadaan pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang dengan berbagai kebijakan sebagai langkah kemenangan dalam pertempuran.
Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Project Based Learning (PjBL) di Sekolah Dasar Alif Mudiono
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 2 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.686 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i2.9

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis Project Based Learning/PjBL di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang dihasilkan berupa deskripsi model perencanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis PjBL dan deskripsi model pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu berbasis PjBL di SD Kota Blitar. Subyek penelitian ini adalah seorang guru pendukung pembelajaran tematik terpadu di tiga sekolah dasar di Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terpadu berbasis PjBL di SD Perbatasan memiliki persentase rata-rata 98,3%, SD Luar 97,2% dan SD Perkotaan 98,6%; sedangkan penerapan model pembelajaran tematik terpadu berbasis PjBL di SD Perbatasan memperoleh persentase rata-rata 84,4%, SD Luar 71,4%, dan SD Perkotaan 88,6%. Disimpulkan bahwa guru SD di Kota Blitar dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu berbasis PjBL diperoleh rata-rata 89,43%. Dengan demikian disimpulkan bahwa guru memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu berbasis PjBL di sekolah dasar.
Peran Pembelajaran Sains untuk Membentuk Karakter pada Anak Usia Dini Desi Ranita Sari
Journal of Practice Learning and Educational Development Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development
Publisher : Global Action and Education for Society

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.956 KB) | DOI: 10.58737/jpled.v1i3.10

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan dasar yang sangat penting dalam pembentukan kepribadian dan karakter. Proses pembelajaran yang diberikan kepada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan tujuan memberikan konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak menunjukkan kreativitas dan rasa ingin tahunya secara optimal, salah satunya pembelajaran IPA pada anak usia dini. Pemanfaatan ilmu pengetahuan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Karakter merupakan cerminan dari diri manusia yang terkait dengan tingkah laku yang menjadi kebiasaan seseorang dalam kehidupan sehari-hari, tingkah laku yang baik atau buruk. Metode pendekatan berdasar pada kajian tentang peran pembelajaran untuk membentuk karakter anak digunakan sebagai alat analisis dalam tulisan ini. Orang yang disebut berkarakter adalah orang yang dapat menanggapi situasi apapun secara moral, yang diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata melalui perilaku yang baik. Dengan demikian karakter adalah nilai-nilai yang ditanamkan dalam diri seseorang melalui pendidikan dan pengalaman. Sehingga pembelajaran IPA dalam kegiatan sehari-hari dapat memberikan kontribusi dalam pembentukan karakter anak. Kesimpulan dari artikel ini pendidikan karakter perlu ditanamkan dalam proses pembelajaran ke dalam diri anak sebagai peserta didik yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia berhati baik, berpikiran baik, dan berperilaku baik. Salah satunya yakni melalui pembelajaran sains. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran sains selain terdapat aspek produk dan proses juga terdapat aspek sikap. Nilai karakter memiliki kesamaan dengan penjabaran hakikat sains sebagai sikap.

Page 1 of 12 | Total Record : 120