JPLED
Vol. 1 No. 2 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Strategi Pembelajaran PQ4R Solusi Untuk Membaca Pemahaman Anak Tunagrahita Ringan

Nelsa Putri Ayu (Unknown)
Aninditya Sri Nugraheni (UIN Sunan Kaljiga Yogyakarta)
Abroto Abroto (UIN Sunan Kaljiga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi guru dalam mengatasi siswa sekolah dasar berkebutuhan khusus tunagrahita. Metode yang digunakan untuk melatih anak tunagrahita adalah dengan menggunakan strategi PQ4R dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kajian ini merupakan kajian hasil pustaka yang terdiri dari buku dan jurnal ilmiah serta Observasi ke SD sebagai data pendukung. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa metode PQ4R efektif digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran khusus dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yaitu pemahaman bacaan. Guru ini sebagai ujung tombak untuk lebih mengarahkan siswa dalam proses pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...