JPLED
Vol. 1 No. 3 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Efektifitas Penilaian Diri dalam Pembelajaran Diklat untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Pelatihan

Annisa Meidina Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penilaian merupakan hal terpenting yang harus ada dalam proses pembelajaran. Assessment memiliki beberapa cara dalam menilai pembelajaran, salah satunya adalah Self Assessment. SelfAssessment adalah teknik penilaian dimana siswa diminta untuk menilai dirinya sendiri dalam hubungannya dengan status, proses dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajari pada mata pelajaran tertentu berdasarkan kriteria atau referensi yang telah disusun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat Efektifitas Penilaian Diri dalam Pembelajaran Diklat untuk Meningkatkan Kualitas. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini Self Assessment dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan tanggung jawab peserta pelatihan karena asesor dari fasilitator mengetahui dengan pasti tentang peserta didik atau peserta pelatihan. Self assessment adalah jenis penilaian yang membuat peserta pelatihan memahami dirinya sendiri. Penilaian diri menjadi suatu jenis penilaian yang sangat efektif dan efisien dalam memecahkan masalah kepribadian atau tipe pribadi. Karena masalah kepribadian dan pribadi hanya trainee yang tahu diri dibandingkan orang lain. Apa yang dia butuhkan, apa yang tidak dia butuhkan, dan tentu saja dia tahu segalanya. Tidak jarang self assessment merupakan jenis penilaian yang sangat diminati peserta pelatihan. Dan dari situ mereka bisa berkonsultasi dengan fasilitator jalan terbaik yang akan mereka ambil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...