Salah satu aspek perkembangan anak yang fundamental adalah perkembangan sosial-emosional, dimana salah satunya yaitu kemampuan berperilaku yang sesuai dengan lingkungan sosial dianggap penting. Aspek ini menjadi kunci pembeda manusia dengan makhluk lainnya yaitu; kemampuan untuk saling tolong-menolong, kerja sama, dan memiliki kepedulian antara sesama manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengembangan hubungan yang efektif antar siswa. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah dalam perkembangan sosial anak, terdapat perilaku prososial dan antisosial. Perilaku prososial yang ditampilkan dalam kehidupan masyarakat diharapkan dapat dikembangkan sejak usia dini dan dikenalkan orang tua di dalam lingkungan rumah, yang mana memiliki peran sebagai pendidik utama bagi anak-anak.
Copyrights © 2021