JPLED
Vol. 1 No. 4 (2021): Journal of Practice Learning and Educational Development

Self Regulated Learning Mahasiswa dan Motivasi Belajarnya Ditinjau dari Motif Memilih Jurusan

Wahyu Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Kemampuan seorang pembelajar dalam mengatur pembelajarannya, baik dalam dalam hal perencanaan belajar, pemilihan strategi yang tepat, kontrol diri dan evaluasi diri merupakan suatu konsep prilaku belajar yang disebut Self regulated learning. Sedangkan Self regulated learning sangat dipengaruhi motivasi belajar, dan motivasi belajar dalam suatu jurusan dipengaruhi oleh motivasi mereka dalam memilih jurusan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami Self Regulated Learning Mahasiswa dan Motivasi Belajarnya. Penelitian menggunakan metode studi kepustakaan. Berbagai sumber dianalisis untuk memperoleh simpulan dari penelitian ini. Dengan demikian, motivasi dalam memilih jurusan sangat berpengaruh terhadap Self regulated learning. Karena motivasi memilih jurusan tersebut menjadi dasar dalam mengoptimalkan segala usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk  pencapaian  prestasi  belajar  yang tinggi, penggunaan strategi self regulated learning hendaknya sangat dipertimbangkan. Hasil dari penelitian ini adalah hubungan antara dengan self regulated learning dengan motivasi mahasiswa dalam menentukan jurusan mahasiswa memberikan pengaruh terhadap hasil studi yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...