Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif memberi pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang mampu meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mata pelajaran Fiqh mata pelajaran haji. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII.3 MTsN 8 Pesisir Selatan Semester I tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe give question and get answer pada pembelajaran Fiqih kelas VIII.3 di MTsN 8 Pesisir Selatan terjadi peningkatan. Hal ini diperoleh dari lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru saat menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe tanya jawab pada siklus I tingkat pencapaian siswa mencapai 71,08%, jika pada hasil UTS hanya ada 9 siswa yang tuntas, pada siklus pertama ada 13 siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus II tingkat prestasi belajar siswa mencapai 80% yang berarti baik.
Copyrights © 2022