Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Active Learning Tipe Team Quiz di kelas IV SD Negri 11 Lolong Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaif. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 11 Lolong Kota Padang yang berjumlah 23 orang diantaranya 11 orang peserta didik perempuan dan 12 orang peserta didik laki-laki. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa. Perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh rata-rata 86,06% (B) dan pada siklus II meningkat 94,4% (SB). 2) pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 84,37% (B) dan meningkat pada siklus II 93,37% (SB), serta pada aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 84,08% (B) dan meningkat pada siklus II 95,45% (SB). Pada hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata siklus I yaitu 81,13% (B) dan meningkat pada siklus II 90,10% (SB).
Copyrights © 2022