JPLED
Vol. 3 No. 1 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Penigkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning

Winda Muzira (Universitas Negeri Padang)
Rifda Eliyasni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk memaparkanpenggunaan model Discovery Learning pada pembelajaran tematik terpadu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 10 Pondok Agung Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif &kuantitatif. Yang menjadi subyek penelitian yakni guru & peserta didik kelas IV SDN 10 Pondok Agung Kota Sungai Penuh yang berjumlah 25 orang diantaranya 18 orang laki-laki & 7 orang perempuan. Berikut perolehan hasil penelitian: rerata hasil persentase pengamatan RPPsiklus I yaitu 80% berkualifikasi Cukup (C), di siklus II mengalami peningkatan yaitu 92,5% berkualifikasi Sangat Baik (SB). Rerata hasil persentase pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I yaitu 76,5% berkualifikasi Cukup (C), di siklus II mengalami peningkatan yaitu 93,7% berkualifikasi Sangat Baik (SB). Rerata hasil persentase pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I yaitu 76,5% berkualifikasi Cukup (C), di siklus II mengalami peningkatan yaitu 93,7% berkualifikasi Sangat Baik (SB). Perolehan reratahasil belajar peserta didik di siklus I yaitu 80,6, di siklus II mengalami peningkatan yaitu 91,26.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...