JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Disiplin Kerja Guru Di SMK Negeri Kabupaten Merangin: Disiplin Kerja Guru Di SMK Negeri Kabupaten Merangin

Dira Sapitri (Universitas Negeri Padang)
Nurhizrah Gistituati (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamata yang peneliti lakukan dibeberapa SMK Negeri Kabupaten Merangin, terlihat bahwa disiplin kerja guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui disiplinn kerja guru dalam proses pembelajaran yang mencakup merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Ada 3 (tiga) pertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini, yaitu: 1) seberapa baik disiplin guru dalam merencanakan pembelajaran di SMK Negeri Kabupaten Merangin; 2) seberapa baik disiplin guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri Kabupaten Merangin; 3) seberapa baik disiplin guru dalam mengevaluasi pembelajaran di SMK Negeri Kabupaten Merangin. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh guru SMK Negeri Kabupaten Merangin yang berjumlah 467 orang. Dengan sample 138 orang. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling yaitu dengan sistem undian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala likert tentang disiplin kerja guru dalam proses pembelajaran yang berjumlah 45 item. Sebelum angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul diolah dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata.   Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh bahwa disiplin kerja guru di SMK Negeri Kabupaten Merangin dari aspek Displin kerja guru di SMK Negeri Kabupaten Merangin dilihat dari dimensi disiplin kerja guru dalam merencanakan pembelajaran (ketepatan waktu, kepatuhan pada aturan, tanggung jawab). Menurut hasil penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.08 dengan TCR (81.67%) kategori baik.  Selanjutnya menurut penilaian kepala sekolah skor rata-rata 4.14 dengan TCR (82.71%) kategori baik. Disiplin kerja guru di SMK Negeri Kabupaten Merangin dilihat dari dimensi disiplin kerja guru dalam melaksanakan pembelajaran (ketepatan waktu, kepatuhan pada aturan, tanggung jawab). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.17 dengan TCR (83.37%). Selanjutnya menurut penilaian kepala sekolah skor rata-rata 4.25 dengan TCR (84.94%) kategori baik. Displin kerja guru di SMK Negeri Kabupaten Merangin dilihat dari dimensi disiplin kerja guru dalam mengevaluasi pembelajaran (ketepatan waktu, kepatuhan pada aturan, tanggung jawab). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.12 dengan TCR (82.32%) berada pada kategori baik. Selanjutnya menurut penilaian kepala sekolah skor rata-rata 4.31 TCR (86.25%) kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa 3 indikator dari 3 sub variabel yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,12 dan 4. 25.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...