JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Nearpod pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Kegiatan Belajar 4 Kelas IV SD

Reski Meliza (Universitas Negeri Padang)
Rifda Eliyasni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya sumber belajar yang tersedia di sekolah serta sumber belajar yang kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila unit 5 kegiatan belajar 4 di kelas IV SD yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdiri dari lima tahap yaitu : Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengambilan data diperoleh dari lembar angket validasi ahli materi, ahli kebahasaan dan ahli media. Sedangkan praktikalitasnya diperoleh dari lembar angket respon guru dan respon peserta didik. Penelitian ini diujicobakan pada kelas IV SDN 21 Payakumbuh berguna untuk mengetahui praktikalitas dari penggunakan bahan ajar berbasis aplikasi Nearpod yang telah peneliti kembangkan. Hasil dari uji validasi oleh ahli materi materi 91,66%. Uji validasi ahli kebahasaan sebesar 100% dan validasi media sebesar 97,91%. Sedangkan, hasil uji praktikalitas angket respon guru mendapat nilai 100%, dengan kategori sangat praktis dan angket respon dari 34 peserta didik mendapat nilai 95,68%, dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar menggunakan aplikasi Nearpod pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas IV SD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...