JPLED
Vol. 3 No. 2 (2023): Journal of Practice Learning and Educational Development

Persepsi Guru Terhadap Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah Urusan Kepegawaian Berbasis Digital di SMP Negeri Kota Bukittinggi

Janes Swara (Universitas Negeri Padang)
Rusdinal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi dari masih adanya masalah tentang kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMP Negeri Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMP Negeri Kota Bukittinggi yang dilihat dari kompetensi TAS Menyusun dan menyajikan data/statistik kepegawaian, Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan kepegawaian, dan memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Bukittinggi dengan populasi sebanyak 308 orang guru dan sampel 75 orang guru. Sampel ditarik dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Instrumen pengumpul data menggunakan kuesioner model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil pengolahan data menggambarkan bahwa 1) Menyusun dan menyajikan data/statistik kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,40 dengan kategori baik, 2) Membuat layanan sistem informasi dan pelaporan kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,39 dengan kategori baik, 3) Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,36 dengan kategori baik. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah berbasis digital di SMP Negeri Kota Bukittinggi sudah baik dengan skor rata- rata 4,46

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpled

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Practice Learning and Educational Development is an open access, peer-reviewed, scientific journal published by GAES (Global Action and Education for Society). The aim of this journal is to publish articles dedicated to the latest outstanding developments in the field of education. It ...