Jurnal Cendekia : Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam
Vol. 13 No. 01 (2021): Cendekia March 2021

Penerapan Pembelajaran Virtual Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo

Onik Zakiyyah (IAI Nazhatut Thullab Sampang Madura)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2021

Abstract

Abstrak Penelitian dalam ini dilakukan untuk mengkaji Penerapan pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo, dan adakah pengaruh pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI di SMK Antartika 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosesntase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-100%. Dan peningkatan prestasi siswa di SMK Antartika 1 Sidoarjo setelah diterapkan pembelajaran Virtual Learning mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup. Sedangkan dalam pengaruh pembelajaran Virtual Learning di SMK Antartika 1 Sidoarjo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada pada mapel PAI dalam katagori tinggi atau kuat. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,722 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,70 – 0,90 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Religion Other

Description

The Focus in Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam is on publishing articles that contain ideas, ideas, research results, and literature reviews in the field of Islamic Education Scope of the Jurnal Cendekia: Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan ...