Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 12, No 1 (2023)

ANALISIS EFEKTIVITAS WORKSHEET BLENDED PROBLEM BASED LEARNING (B-PBL) DAN WORKSHEET CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Yanti Sofi Makiyah (Siliwangi University)
Rhifa Diana (SMA Islam Terpadu Akmala Sabila, Cirebon)
Sandi Septiana (Siliwangi University)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2023

Abstract

Keterbatasan waktu menjadi tantangan dalam melakukan latihan yang maksimal untuk memperdalam pemahaman konsep fisika di kelas. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan worksheet Blended Problem Based Learning (B-PBL) dan worksheet Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan Fisika. Penelitian dilakukan di program studi Pendidikan Fisika Universitas Siliwangi dengan melibatkan 84 mahasiswa yang mengambil mata kuliah mekanika tahun akademik 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi experiment dengan desain yaitu Pretest-Posttest Control Group. Jenis tes yang digunakan berbentuk essay dengan jumlah soal 4 butir pada materi kinematika, dinamika, dan gerak harmonik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah setelah penggunaan worksheet Blended Problem Based Learning (B-PBL) dan worksheet Contextual Teaching and Learning (CTL), untuk mengetahui efektivitas worksheet dilakukan analisis menggunakan effect size. Hasil analisis N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan masalah dengan penggunaan worksheet Blended Problem Based Learning (B-PBL) lebih signifikan daripada worksheet Contextual Teaching and Learning (CTL) yang memperoleh nilai sebesar 0,8 dengan kategori “tinggi”. Hasil analisis effect size menunjukkan bahwa worksheet Blended Problem Based Learning (B-PBL) lebih efektif daripada worksheet Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah yang memperoleh nilai sebesar 1 dengan kategori “sangat besar”

Copyrights © 2023