Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 2 (2023): Mei - Agustus 2023

Student’s learning obstacles in statistics materials related to computational thinking skills

Kintan Tyara Augie (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Fatimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sufyani Prabawanto (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 May 2023

Abstract

Masuknya kemampuan computational thinking ke dalam penilaian PISA menjadi tantangan baru bagi siswa Indonesia. Salah satu kemampuan yang berperan penting dalam proses pemecahan masalah ini belum banyak diterapkan oleh siswa akibat adanya learning obstacle. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengidentifikasi learning obstacle siswa sekolah menengah pertama pada materi statistika terkait dengan kemampuan computational thinking. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan computational thinking dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dari hasil tes 17 orang siswa salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Garut, dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami ketiga jenis learning obstacle dalam materi statistika yang terkait dengan kemampuan computational thinking.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...