PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Dengan menerapkan SAP, PT. Telkom dapat mengembangkan perusahaannya serta meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menghubungkan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) ini dengan Manajemen Rantai Pasok. Tahapan penerapan ERP ini dimulai dengan studi pendahuluan kemudian mengidentifikasi masalah dan dianalisa dengan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian adalah mengetahui penerapan sistem ERP dalam mendukung rantai pasok pada PT Telkom Indonesia TBK. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa perangkat lunak ERP SAP dapat membantu mewujudkan misi dari PT Telkom untuk menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi yang memberikan akses internetke seluruh Indonesia. Kata Kunci: Enterprise Resource Planning, SAP, Manajemen Rantai Pasok Abstrak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) is a State-Owned Enterprise (BUMN) engaged in information and communication technology (ICT) services and telecommunications networks in Indonesia. With SAP PT. Telkom can develop its company and increase customer satisfaction by connecting this ERP (Enterprise Resource Planning) system with SCM (Supply Chain Management). The stages of ERP implementation begin with a preliminary study then identify problems and use qualitative analysis methods. The aim of this research is to find out the implementation of the ERP system in supporting the supply collapse at PT Telkom Indonesia TBK. The results of this analysis indicate that the SAP ERP software can help realize the mission of the PT Telkom company to become one of the telecommunication companies that provides internet access throughout Indonesia. Kata Kunci: Enterprise Resource Planning, SAP, Supply Chain Management
Copyrights © 2023