Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan treatment by level 2 x 2 dengan variabel bebas model pembelajaran dan variabel terikat hasil belajar siswa materi IPA. Penelitian eksperimen ini menggunakan siswa kelompok eksperimen dan siswa kelompok kontrol. Pada penelitian ini yang akan dijadikan sampel adalah kelas VB dan Kelas VC dengan pertimbangan bahwa kelas tersebut bisa mewakili populasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara yang mengikuti Pembelajaran dengan penerapan model discovery learning dengan siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning; (2) Secara keseluruhan terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA sekolah dasar; (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dan mengikuti Pembelajaran dengan model discovery learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning; (4) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan mengikuti Pembelajaran dengan model discovery learning, lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang mengikuti Pembelajaran dengan model expository learning.Kata kunci: Discovery Learning, Expository Learning, Motivasi, Hasil Belajar IPA.THE INFLUENCE OF DISCOVERY LEARNING MODELS AND LEARNING MOTIVATION ON SCIENCE LEARNING OUTCOMES FOR 5th GRADE STUDENT AT CIMAHI 1 ELEMENTARY SCHOOL KARAWANGABSTRACTThis study aims to determine the effect of learning models and learning motivation on science learning outcomes in elementary schools. The research method used is experimental research. This study uses a treatment by level 2 x 2 design with the independent variable learning model and the dependent variable student learning outcomes in science material. This experimental research used experimental group students and control group students. In this study, the VB class and VC class will be sampled with the consideration that these classes can represent the population. The results of this study are: (1) Overall there is a significant difference in student learning outcomes between those who take learning using the discovery learning model and students who take learning with the expository learning model; (2) Overall, there is an interaction effect of the learning model with students' learning motivation in elementary school science subjects; (3) The learning outcomes of students who have high motivation and take learning with the discovery learning model are higher than the learning outcomes of students who take learning with the expository learning model; (4) The learning outcomes of students who have low learning motivation and take learning using the discovery learning model are higher than the learning outcomes of students who take learning using the expository learning model.Keywords: Discovery Learning, Expository Learning, Motivation, Science Learning Outcomes
Copyrights © 2023