Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

Membangun Etika Kewarganegaraan Global Melalui Karakter Moral Pancasila: Analisis Konseptual

Irma Irayanti (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari)
Kokom Komalasari (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan global (Global Citizenship Education/GCE) merupakan bagian dari program berkelanjutan yang diinisiasi oleh UNESCO. Namun, konsep dan praktik GCE masih belum memiliki dasar teoretis yang jelas. Sebagian besar penelitian masih didasarkan pada prinsip kewarganegaraan Barat, sehingga kurang mempertimbangkan sumber-sumber non-Barat yang menawarkan potensi pembenaran etis, wawasan, dan arahan untuk GCE. Artikel ini menyajikan landasan etis untuk GCE yang berasal dari filosofi nilai moral Pancasila, yang terdiri dari lima sila yang memuat aspek ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan. Penelitian ini menggunakan metode analisis konseptual yang digunakan untuk mengkritik konsep GCE yang dianut oleh UNESCO dan mengusulkan Pancasila sebagai tawaran landasan etis GCE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter moral Pancasila dapat menjadi landasan etis yang lebih tepat untuk kewarganegaraan global, dan dapat digunakan untuk mengembangkan konsep GCE yang lebih inklusif dan holistik dengan memasukkan karakter moral Pancasila sebagai landasan etis. Artikel ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan kurikulum GCE yang lebih luas dan memperhitungkan perspektif non-Barat dalam konteks pendidikan global. 

Copyrights © 2023