Jurnal Taman Vokasi
Vol 11 No 1 (2023)

Pengembangan Media Pembelajaran E-Jobsheet pada Mata Kuliah Desain Digital: Pengembangan Media Pembelajaran E-Jobsheet pada Mata Kuliah Desain Digital

Enggar Kartikasari (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Desy Tri Inayah (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Nurcholish Arifin Handoyono (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Abdul Rahim (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Amelia Ajeng Saputri (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran berupa E-Jobsheet; 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Jobsheet; 3) mengetahui respon mahasiswa terhadap media pembelajaran E-Jobsheet pada matakuliah Desain Digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi PVKK bidang keahlian Tata Busana yang menempuh matakuliah Desain Digital di semester V. Spesifikasi produk yang dikembangkan berupa: 1) pengenalan dan penggunaan tools pada aplikasi CorelDraw; 2) Langkah pembuatan desain dasar dan pewarnaan secara digital; 3) Langkah-langkah pembuatan proporsi tubuh wanita sesuai ukuran yaitu klasik, modis/ ideal dan ilustrasi. Pengembangan media pembelajaran Penilaian kelayakan oleh ahli media dan ahli materi yaitu media E-Jobsheet dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil respon mahasiswa dalam menggunakan E-Jobsheet “Baik” digunakan dalam pembelajaran Desain Digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tamanvokasi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Education Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Taman Vokasi is a periodic scientific journals that publish research results in the field of Mechanical Engineering Education, Automotive, and vocational education of lecturers, researchers, teachers, students, practitioners and other relevant ...