Journal of Management and Creative Business
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business

PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Eza Okhy Awalia Br Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Listika Putri Lestari Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Minda Agustina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Khairina Tambunan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dianggap sebagai aspek terpenting dari strategi umum suatu negara atau sistem ekonomi. Karena pertumbuhan ekonomi merupakan indikator terpenting dari keresahan masyarakat. Meskipun demikian, kemajuan di bidang ekonomi, sains dan teknologi telah dicapai, dan masih banyak masalah ekonomi lainnya di banyak negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemungkinan masalah ekonomi yang mempengaruhi komunitas ekonomi Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian akademis yang berkaitan erat dengan tulisan teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan hukum, adat istiadat dan norma yang berlaku dalam situasi sosial yang diteliti. Menurut hasil kajian ini, pertumbuhan ekonomi menjadi perhatian umat Islam dalam kaitannya dengan ajaran tradisional ekonomi Islam. Ada bukti bahwa konsep ini didirikan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam Al-Qur'an, As-Sunnah dan tulisan-tulisan ulama sebelumnya. Kekhasan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Islam tercermin dari perhatian yang sangat tinggi terhadap pengembangan sumber daya manusia dan penguatan fitrah untuk memperkuat harkat dan martabat manusia. Ini tidak hanya mencakup pemenuhan kebutuhan finansial, tetapi juga keinginan dan persiapan kehidupan akhirat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmcbus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Promote the results of recent research on management and or informatics. Publish only research on management (such as information management, marketing management, financial management, management of resources, operation/production, business management, ...