cover
Contact Name
Achmad Daengs GS
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6282227778940
Journal Mail Official
Sunarmi@apji.org
Editorial Address
Universitas 45 Surabaya Jl Mayjend Sungkono 106 Surabaya, info@univ45sby.ac.id, (031) 56112 14; (031) 563 39 05
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Management and Creative Business
ISSN : 29620856     EISSN : 29621119     DOI : 10.30640
Core Subject : Science,
Promote the results of recent research on management and or informatics. Publish only research on management (such as information management, marketing management, financial management, management of resources, operation/production, business management, etc.)
Articles 93 Documents
STRATEGI MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG MUSLIM MELALUI USAHA PENJUALAN PAKET DATA Raudatun Sumi; Zuhrinal M Nawawi
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.787 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.418

Abstract

Trading activity is an activity that was previously practiced by the Prophet Muhammad SAW which is still being carried out by all mankind, starting from selling primary needs to luxury needs. To achieve the desired profit in the business world, it is necessary to carry out a strategy in practice, so that you can compete with other traders without having to do the wrong thing. As a trader, you don't just sell your wares, you need skills in managing finances and managing a good marketing system. This study aims to find out what strategies must be carried out by traders, especially Muslim traders to increase income from the previous one. The type of method used in this study is a qualitative method using two data collection techniques, namely literature study and observation.
Pengaruh Kredit Usaha Rakyat, Pengalaman Pemilik Dan Pendapatan Umkm Terhadap Penambahan Aset Pemilik Umkm Di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang Febi Zulpania; Seflidiana Roza; Netty Indrawati
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1007.472 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.453

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kredit Usaha Rakyat, pengalaman pemilik dan pendapatan UMKM terhadap penambahan aset pemilik UMKM di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang dengan sampel sebanyak 30 pemilik UMKM di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang dengan metode total Sampling. Berdasarkan hasil analisis statistik, dapat disimpulkan bahwa Kredit Usaha Rakyat tidak berpengaruh signifikan terhadap penambahan aset. Nilai thitung adalah |1,895| < ttabel |2,056| dan nilai signifikan 0,069 > 0,05. Maka dapat dirumuskan sesuai dengan hasil penelitian sehingga H1 ditolak sedangkan H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Kredit Usaha Rakyat tidak berpengaruh terhadap penambahan aset pemilik di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang. Berdasarkan analisis statistik penelitian ditemukan bahwa hipotesis kedua (H2) diterima. Nilai thitung adalah |4,975| > ttabel |2,056| dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Maka dapat dirumuskan sesuai dengan hasil penelitian sehingga H2 diterima sedangkan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengalaman Pemilik berpengaruh terhadap penambahan aset pemilik di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang. Berdasarkan analisis statistik penelitian ditemukan bahwa hipotesis ketiga (H3) ditolak. nilai thitung adalah |-0,967| < ttabel |2,056| dan nilai signifikan 0,342 > 0,05. Maka dapat dirumuskan sesuai dengan hasil penelitian sehingga H3 ditolak sedangkan Ho diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pendapatan UMKM tidak berpengaruh terhadap penambahan aset pemilik di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang. Secara simultan Kredit Usaha Rakyat, Pengalaman Pemilik dan Pendapatan UMKM berpengaruh terhadap Penambahan Aset Pemilik UMKM di Nagari Cupak Kec. Gunung Talang yang diteliti. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji F dengan nilai signifikan fhitung adalah |12,528| > ftabel |2,98| dan nilai signifikasi sebesar 0,000 < dari sig a 0,05. Hal ini dapat dilihat dari nilai R Square sebesar 0,591 atau 59,1% dan dipengaruhi oleh variabel lain yang belum diteliti sebesar 40,9%.
Dampak Karakteristik Biografis dan Fasilitas Kerja Terhadap Tugas Pegawai (Study Kasus Dinas Koperasi, Ukm, Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Solok) Restika Ayu Nengsih; Nurhayati Nurhayati; Seflidiana Roza
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1521.643 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.458

Abstract

This research was conducted within the Department of Cooperatives, SMEs, Industry and Trade, Solok Regency. The purpose of this research is to find out how big the impact of biographical characteristics and work facilities on the duties of employees within the Department of Cooperatives, SMEs, Industry and Trade, Solok Regency. In this study, the population was employees in the Department of Cooperatives, SMEs, Industry and Trade of Solok Regency totaling 61 people. By using purposive sampling, a sample of 35 people was obtained. The data collection technique used is by using a questionnaire or questionnaire. Based on multiple linear regression analysis of the variable biographical characteristics and work facilities have an effect on employee duties. Y= 20.55+ 0.555 X1 + 0.366 X2. From the t-test, it was found that the variable X1 Biographical Characteristics had a significant effect on employee duties with a variable value of 1.804 > ttable 1.693 and a significant value level of 0.008 <a 0.05. Variable X2 work facilities has a significant effect on employee duties with a value of 2,274 > t table 1,693 and a significant value of 0.010 < 0.05. From the f test conducted, it is found that the Biographical Characteristics and work facilities have a simultaneous effect on employee duties. Fcount is 6.148 > Ftable 3.280 and with this the significance is 0.006 < 0.05.
ANALISIS SISTEM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DI PT JASA RAHARJA CABANG SUMATERA UTARA Ami Radianti; Azizah Rahmah; Gita Aulyia Utami; Zainarti Zainarti
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1472.755 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem informasi penilaian kinerja karyawan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada perusahaan jasa raharja. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme digunakan untuk meneliti pada situasi objek yang alamiah dimana peneliti sebagai instrumen kunci teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Dalam pengumpulan data penelitian ini, peneliti membagi menjadi dua yaitu sumber data primer. Sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara oleh Bapak Rival Irwanson Damanik Kasubag Sumbangan Eajib dan Humas PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara dan sumber data sekunder berasal dari penelitian-penelitian sebelumnya dan web-web yang sangat berkaitan dengan topik permasalahan yang ingin peneliti teliti. Hasil penelitian ini adalah dalam Penerapan sistem penilaian kinerja pegawai pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Utara sesuai dengan teori yaitu digunakan untuk penetapan imbalan, program pendidikan dan pelatihan, pembinaan karir. Pada PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sumatera Utara melakukan penilaian kinerja pegawai dengan menggunakan beberapa formulir yang telah ditetapkan sebagai acuan untuk menilai pegawai dalam melaksanakan pekerjaan nya seperti formulir A sampai dengan formulir F.
GAYA HIDUP MAHASISWA ADANYA BELANJA ONLINE (STUDI MAHASISWA JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UIN SUMATERA UTARA) Alya Abdul Ramadhani; Melisa Ananda Putri Ritonga; Dini Lestari
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1143.362 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.479

Abstract

Gaya Hidup Mahasiswa Adanya Belanja Online (Studi Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mahasiswa adanya belanja online. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskritif dan teknik pengumpul data menggunakan wawancara. Dengan berkembangannya teknologi dan informasi memudahkan kita dalam melakukan suatu hal, salah satunya perubahan gaya hidup berbelanja, yang biasanya pelanggan pergi ke tokoh offline untuk melakukan pembelian, kini beralih ke tokoh online yang dapat dioperasikan pelanggan kapanpun dan dimanapun, dengan adanya kemudahan tersebut membuat mahasiswa cenderung menyukai aktivitas yang lebih mudah dilakukan, selain itu adanya perubahan status sosial yang dipandang dengan tren berbelanja online untuk memenuhi keinginin semata bukan untuk benar-benar kebutuhan konsumen.
ANALISIS DAMPAK PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INKLUSIF Mutia Fajri Sirega; Anisah Nasution; Futri Madinah; Zafira sabrina; Maulida Ummi Zakia
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.397 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.483

Abstract

Membangun infrastruktur baru sangat penting untuk ekonomi yang berkembang karena membuka jalan bagi pengembangan tempat kerja baru, pengurangan emisi, dan peningkatan pendapatan bagi semua warga negara. Pertumbuhan inklusif adalah komponen pertumbuhan ekonomi jangka panjang, sebagaimana dituangkan dalam kesepakatan global tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yang bertujuan untuk mencapai hal-hal seperti kesetaraan yang lebih besar, polusi yang lebih sedikit, dan ekspansi ekonomi yang lebih cepat. Studi ini menganalisis bagaimana perbaikan infrastruktur Sumatera Timur Indonesia mempengaruhi pertumbuhan ekonomi provinsi secara keseluruhan. Metode estimasi parameter yang paling umum adalah metode kuadrat terkecil dua tahap (2SLS). Data yang digunakan rentang tahun 2013-2017 dan mencakup 33 kota berbeda di Provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan PDRB tidak eksklusif, karena berpotensi meningkatkan GINI di Sumbar.
PERTUMBUHAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF ISLAM Eza Okhy Awalia Br Nasution; Listika Putri Lestari Nasution; Minda Agustina; Khairina Tambunan
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1355.704 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.484

Abstract

Pertumbuhan ekonomi dianggap sebagai aspek terpenting dari strategi umum suatu negara atau sistem ekonomi. Karena pertumbuhan ekonomi merupakan indikator terpenting dari keresahan masyarakat. Meskipun demikian, kemajuan di bidang ekonomi, sains dan teknologi telah dicapai, dan masih banyak masalah ekonomi lainnya di banyak negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemungkinan masalah ekonomi yang mempengaruhi komunitas ekonomi Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian akademis yang berkaitan erat dengan tulisan teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan hukum, adat istiadat dan norma yang berlaku dalam situasi sosial yang diteliti. Menurut hasil kajian ini, pertumbuhan ekonomi menjadi perhatian umat Islam dalam kaitannya dengan ajaran tradisional ekonomi Islam. Ada bukti bahwa konsep ini didirikan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam Al-Qur'an, As-Sunnah dan tulisan-tulisan ulama sebelumnya. Kekhasan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Islam tercermin dari perhatian yang sangat tinggi terhadap pengembangan sumber daya manusia dan penguatan fitrah untuk memperkuat harkat dan martabat manusia. Ini tidak hanya mencakup pemenuhan kebutuhan finansial, tetapi juga keinginan dan persiapan kehidupan akhirat.
STRATEGI BISNIS DALAM MENGEMBANGKAN TREND BAJU DRESSCODE MUSLIM DIKALANGAN REMAJA Vera Ayu Ningsih Ritonga; Sriwahyuni Sriwahyuni; Dini Lestari
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1360.592 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.485

Abstract

Pengembangan produk adalah proses menciptakan produk baru atau meningkatkan yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan memastikan kepuasan mereka. Busana muslimah yang sesuai dengan dalil di Alqur'an dan sunnah adalah yang menyerupai lawan jenis dan tidak menyerupai perempuan yang tidak muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji evolusi brand fashion wanita muslimah seperti Gamis Amika, Dafh Hijab, dan Koppi Holic dari sudut pandang Islam yang khas. Metode penelitian yang digunakan melibatkan penelitian deskriptif yang mengarah ke hasil kuantitatif.Pengumpulan data melalui wawancara langsung dan studi berkas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan produk berbasis muslimah didorong oleh desain produk dengan ide/tujuan yang berbeda di tiga bisnis: Gamis Amika sesekali mengikuti trend fashion, Dafh Hijab selalu mengikuti trend fashion, dan Koppi Holic tidak pernah mengikuti trend fashion. Namun, dari sudut pandang Islam, ketiga bisnis milik Muslim ini sudah menganut syariat Islam.
MEMPERKUAT POSISI DAYA SAING PERUSAHAAN Nur Fadhilah; Ahmad Hasibuan; Ahmadi Ahmadi; Delima Nisa Harahap; Khoirunnisa Ritonga
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1125.988 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.496

Abstract

Menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai perusahaan adalah tujuan dari manajemen keuangan, prestasi manajemen keuangan tercermin pada kinerja keuangannya. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa sesudah akuisisi kinerja keuangan perusahaan multinasional tidak berbeda secarasignifikan dengan sebelum akuisisi. Hal ini membuktikan bahwa srategi akuisisi bukanlah strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan multinasional. Agar akuisisi berhasil, perusahaan pengakuisisi sebaiknya melakukan berbagai persiapan seperti, melihat kondisi perusahaan target dari segi manajemen dan finansialnya, serta melihat kondisi ekonomi nasional dan internasional. Kata kunci:
ANALISIS PANDANGAN MASYARAKAT AWAM TERHADAP MANAJEMEN SISTEM INFORMASI GLOBAL Abdul Aziz Hakim; Ledis izzah Harahap; Raisa Salsabila; Nurbaiti Nurbaiti
Journal of Management and Creative Business Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Journal of Management and Creative Business
Publisher : Universitas 45 Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1196.802 KB) | DOI: 10.30640/jmcbus.v1i1.498

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya pengetahuan masyarakat awam terhadap manajemen sistem informasi global. Adapun metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis desain penelitian tertentu. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah bagi mereka yang bekerja di organisasi, terutama sebagai manajer di dunia bisnis, memahami sistem informasi manajemen cukup penting. Kapasitas orang-orang dalam organisasi yang berada dalam keadaan sangkutan sangat menghambat kemampuan mereka untuk mencapai tujuan mereka. Restrukturisasi organisasi dapat digambarkan sebagai "seni" melaksanakan tugas melalui seseorang, atau sebagai "restrukturisasi organisasi sebagai metode pemerintahan." ketika sebuah organisasi diluncurkan dengan buruk, tingkat keras di negara itu akan meningkat. Seiring perkembangan global diera informasi, Keberadaan masyarakat mengalami pergeseran pola yang dinamis selama perkembangan global diera. Kehadiran hasil karya manusia dibidang teknologi informasi menjadi karakteristik dimana masyarakat diera sekarang dikenal sebagai masyarakat informasional. Akan tetapi belum semua masyarakat mampu mengelola informasi dengan baik. Dengan kata lain masih ada beberapa kelompok masyarakat yang belum memahami arti pentingnya sebuah informasi. Sebagai tanggapan fenomena di atas maka lahirlah pemikiran baru dibidang informasi yang dikenal dengan Sistem informasi Manajemen.

Page 1 of 10 | Total Record : 93