Abstrak. Penelitian ini berjudul Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan (R & D) dengan tiga tahapan yang dilakukan dalam proses penelitian untuk menghasilkan prduk dan menguji keefektifan produk tersebut. Tiga tahapan penelitian tersebut adalah 1) tahap studi pendahuluan, berupa penemuan potensi dan masalah serta pengumpulan data awal; 2) tahap studi pengembangan, melakukan pendesainan model pembelajaran proyek, validasi desain, revisi desain, uji coba, revisi, uji coba pemakaian, lalu evaluasi untuk menghasilkan model yang sempurna; dan 3) tahap evaluasi, melakukan penyebaran angket untuk mengetahui kualitas model yang telah diterapkan. Fokus penelitian adalah model pembelajaran berbasis proyek mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Kejuruan dan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik elektronika berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen nontes dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu Profil model pembelajaran berbasis proyek yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (2) Lembar Kegiatan Mahasiswa, dan (3) Bahan Ajar telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Respon mahasiswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek di berada pada kategori tinggi. Efektifitas model pembelajaran berbasis proyek berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Perencanaan Pembelajaran Kejuruan
Copyrights © 2022