Abstrak. Proses belajar mengajar secara konvensional ternyata memiliki banyak kekurangan. Hal ini disebabkan tidak semua pembelajar memiliki kompetensi yang sama, perbedaan daya serap pembelajar dalam mendengarkan pelajaran, bahan ajar yang terbatas guru dan kegiatan belajar mahasiswa sebagai objek cenderung membosankan. Untuk itu pembelajar dituntut memiliki kreativitas dalam mengajar, pembelajar dituntut mampu merangsang pembelajar untuk proaktif dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi bagi pembelajar untuk belajar dan mampu dilakukan secara efektif dan efisien. Media sebagai alat pembelajaran yang dapat membantu guru untuk melalukan proses pembelajaran. Media yang memungkinkan guru untuk mengeksplorasi materi pelajaran dan menyampaikannya secara komunikatif. Ini akan membuat mahasiswa lebih banyak menyerap dan memahami subjek atau pesan dari guru. Media visual atau grafis merupakan media yang berhubungan dengan visualisasi. Media visual merupakan alat bantu mengajar yang dipakai guru dalam proses pembelajaran yang bisa dinikmati oleh mahasiswa melalui visi atau panca indera, mampu menampilkan hal-hal nyata dari fenomena yang dipelajari. Video rekam layar adalah suatu video yang berisi rekaman segala aktivitas di layar komputer yang dilengkapi dengan audio/suara dari guru melalui mikrofon. Pengajar bisa tampil di layar monitor melalui kamera dari layar laptop, sehingga dapat menghapus kerinduan mahasiswa untuk bertatap muka dengan gurunya Kata Kunci: Media Visual, Pembelajaran, Daring
Copyrights © 2021