Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022

Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat (Studi Kasus Kelurahan Kuripan Yosorejo)

Muhammad Umar Andreanto (IAIN Pekalongan)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Saat ini masyarakat indonesi memiliki perilaku konsumtif yang cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa fenomena yang telah terjadi dimana masyarakat seringkali membeli berbagai barang tanpa mempertimbangkan aspek fungsionalitas suatu barang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku kosumsi masyarakat salah satunya adalah tingkat pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumsi masyarakat ( studi kasus kelurahan kuripan yosorejo). Objek penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Kuripan Yosorejo sebanyak 96 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner secara lansung kepada masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis karakteristik responden, analisis regresi linear berganda, uji parsial, dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini memiliki koefisien determinansi sebesar 0,998. Artinya kemampuan variabel bebas menjelaskan variable terikat sebesar 99%, sisanya 1% dijelaskan oleh variabel lainyang tidak diteliti seperti gaya hidup, lokasi geografis dan lain sebagainya. Berdasarlan pengujian dapat disimpulkan bahwa pendapatan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perilaku konsumsi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sahmiyya

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Sahmiyya is a journal providing authoritative sources of scientific information for researchers and scholars in academia, research institutions, government agencies, and industries. Sahmiyya Journal publish original research papers, review article and case studies focused on Economics and Business, ...