cover
Contact Name
Hendri Hermawan Adinugraha
Contact Email
sahmiyya@iainpekalongan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sahmiyya@iainpekalongan.ac.id
Editorial Address
Faculty of Islamic Economics and Business, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Jalan Pahlawan No.52 Rowolaku, Kabupaten Pekalongan, Indonesia
Location
Kota pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Sahmiyya: Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 29638100     EISSN : 29632986     DOI : https://doi.org/10.28918/sahmiyya
Core Subject : Economy, Education,
Sahmiyya is a journal providing authoritative sources of scientific information for researchers and scholars in academia, research institutions, government agencies, and industries. Sahmiyya Journal publish original research papers, review article and case studies focused on Economics and Business, Islamic Economics, Sharia Banking, and Sharia Accounting as well as related topics.
Articles 90 Documents
STUDI PUSTAKA TENTANG PENYELENGGARAAN RUMAH SAKIT SYARIAH DAN PARIWISATA SYARIAH DI INDONESIA rizky andrean; Tamamudin; Rohmad Abidin
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.789 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5250

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini merupakan studi pustaka yang mencoba menjelaskan bagaimana rumah sakit syariah dan pariwisata syariah diselenggarakan di Indonesia. Studi fenomenologi serta analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literature review atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini mengandalkan data sekunder yang dikumpulkan dari publikasi jurnal ilmiah yang telah ada sebelumnya serta sumber referensi lain yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa ketentuan penyelenggaraan rumah sakit syariah sesuai Fatwa DSN-MUI No. 107/DSN-MUI/X/2016. Fatwa tersebut mencantumkan indikator-indikator yang harus digunakan dalam penyelenggaraan rumah sakit berdasarkan prinsip syariah. Yang pertama berkaitan dengan akad, yang kedua tentang pelayanan, yang ketiga tentang pengelolaan keuangan, dan yang keempat tentang obat-obatan, makanan, minuman, kosmetik, dan bahan-bahan gunaan lainnya yang semuanya harus sesuai dengan syariah. Adapun berkaitan dengan pariwisata syariah, terdapat Fatwa DSN MUI No. 108/DSN/MUI/X/2016 yang mengatur dan menetapkan penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah. Regulasi ini mencakup segala hal yang terkait dengan bisnis pariwisata berbasis syariah. Di antaranya adalah baik pengelola usaha maupun wisatawan harus mengikuti prinsip syariah; menjauhi perbuatan yang bertentangan dengan prinsip syariah; mencegah kemaksiatan, syirik, kemungkaran, dan kegiatan yang bersifat merusak lainnya; menghasilkan kemaslahatan lahir dan batin; serta terpenuhinya kebutuhan material dan spiritual dalam pariwisata tersebut. Kata kunci: rumah sakit, pariwisata, syariah. ABSTRACT: This research is a literature study that tries to explain how sharia hospitals and sharia tourism are organized in Indonesia. Phenomenological studies and descriptive analysis were used in this study. This research is a qualitative research with a literature review approach or library research. This research relies on secondary data collected from previous scientific journal publications as well as other reference sources relevant to the research topic. The results of the study indicate that there are several provisions for the operation of a sharia hospital according to the DSN-MUI Fatwa No. 107/DSN-MUI/X/2016. The fatwa includes indicators that must be used in the operation of hospitals based on sharia principles. The first is related to contracts, the second is about services, the third is about financial management, and the fourth is about medicines, food, beverages, cosmetics, and other materials which all must comply with sharia. As for sharia tourism, there is a DSN MUI Fatwa No. 108/DSN/MUI/X/2016 which regulates and determines the implementation of tourism based on sharia principles. This regulation covers everything related to sharia-based tourism business. Among them are both business managers and tourists must follow sharia principles; stay away from actions that are contrary to sharia principles; prevent disobedience, shirk, munkar, and other destructive activities; produce physical and spiritual benefits; and the fulfillment of material and spiritual needs in tourism. Keywords: hospital, tourism, sharia.
Family Economic Description In Fulfill Maternal Health during the Covid-19 Pandemic Ferida Rahmawati; Emi Nurlaela; Arina Lutfiana
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.984 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5336

Abstract

Economic conditions and health are debates that are not easy to resolve in the early days of the COVID-19 pandemic. Families need income to meet their daily needs, including the need for the health of all family members, including maternal health. This study aims to describe the economic conditions during the COVID-19 pandemic in fulfilling maternal health. This research is a descriptive quantitative research. The population in this study were married women. Accidental sampling technique with a total of 40 respondents. The results showed that the age of respondents was more than 35 years as many as 53% of respondents. Respondents with the most places of residence in the city of Pekalongan as much as 45%. Work as educators as much as 52%. Families with 2 people who work in one house as much as 80%. Respondents who have a double job 20%. There are 20% of families who still have the responsibility to meet the needs of other families. As many as 61% of respondents experienced a change in income less than 25%. Respondents who determine the solution to create a business/other job in connection with changes in the family's economy are 42% of respondents. The basic needs during the COVID-19 pandemic were met in 78% of respondents. As many as 80% of respondents set aside income for health funds only 5-10%. Suggestions for further researchers to develop family economic research with different methods and more varied respondents.
Analisis Manajemen Keuangan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Desa Tegalsari Barat Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Mohamad Syahru Nadhif
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.863 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5387

Abstract

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat vital bagi semua manusia. Karena segala aktivitas masyarakat di berbagai aspek kehidupan manapun memerlukan air bersih. Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Tahun 2017 pencapaian akses air minum yang layak adalah 84 %. Dan akses sanitasi yang layak adalah 70,7 %. Maka dari itu pada tahun 2007 pemerintah Indonesia merumuskan semua kebijakan nasional 2 untuk menyediakan kebutuhan air bersih dan sanitasi bagi kabupaten kota di Indonesia. Program ini dinamakan PAMSIMAS. Pelaksanaan kegiatan layanan air bersih juga perlu memperhatikan prinsip manajemen, karena dalam menjalankan sebuah organisasi sangat dibutuhkan adanya manajemen pengelolaan apalagi dalam manajemen pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen keuangan PAMSIMAS Desa Tegalsari Barat dalam perspektif ekonomi syariah. Berdasarkan sumber mendapatkan, data jenis penelitian ini termasuk jenis data Kualitatif atau lapangan (field research) karena peneliti ingin menjelaskan penelitian ini secara rinci sesuai data dan fakta di lapangan dan peneliti juga ingin mengetahui secara mendalam tentang permasalahan yang sedang dikaji dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan dampak dan manajemen keuangan PAMSIMAS Desa Tegalsari Barat. Dalam ekonomi syariah managemen syariah mencakup 3 hal yaitu bersih, tanggung jawab dan professional.
Eksistensi Pertashop terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang Lala Ratu Khotimah
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.702 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5390

Abstract

Pertashop (Pertamina Shop) is a certain Pertamina sales outlet that is prepared to serve the needs of consumers of non-subsidized BBM, non-subsidized LPG and other Pertamina retail products by prioritizing their service locations in villages or cities that require Pertamina's retail product services. The presence of several Pertashop points in the district. Ulujami Kab. Pemalang has a positive impact on the welfare of the people who use fuel. The purpose of the research that the researcher will present, among others, is to determine the public interest in the presence of Pertashop, Pertashop's business opportunities, the benefits obtained by Pertashop and buyers, and the impacts obtained by the community. The benefit of this research is that the researcher hopes that this research will be information for the community and for business actors related to the common welfare. The research approach uses qualitative methods with efforts to systematically find and organize notes from observations, interviews, and others with information obtained from the community. Results and discussions include, 1) Pertashop Partnership Program from Pertamina; 2) Pertashop Business Opportunity; 3) People's buying interest; 4) Impact Occurs Due to Pertashop. The community has very high enthusiasm for the presence of Pertashop because it provides many conveniences in carrying out economic activities. The existence of Pertashop has a positive impact, among others: a) An increase in product quality is more guaranteed availability; b) The development of technology in the villages; c) Facilitate public access; d) as an additional income for the owner of Pertashop; d) Adding job vacancies in the surrounding area.
Analisis Pengaruh Pendapatan Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat (Studi Kasus Kelurahan Kuripan Yosorejo) Muhammad Umar Andreanto
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.961 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5391

Abstract

Saat ini masyarakat indonesi memiliki perilaku konsumtif yang cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat dari beberapa fenomena yang telah terjadi dimana masyarakat seringkali membeli berbagai barang tanpa mempertimbangkan aspek fungsionalitas suatu barang. Ada banyak faktor yang mempengaruhi perilaku kosumsi masyarakat salah satunya adalah tingkat pendapatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumsi masyarakat ( studi kasus kelurahan kuripan yosorejo). Objek penelitian ini adalah masyarakat Kelurahan Kuripan Yosorejo sebanyak 96 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dengan melakukan penyebaran kuesioner secara lansung kepada masyarakat. Teknik analisis data menggunakan analisis karakteristik responden, analisis regresi linear berganda, uji parsial, dan koefisien determinan. Hasil penelitian ini memiliki koefisien determinansi sebesar 0,998. Artinya kemampuan variabel bebas menjelaskan variable terikat sebesar 99%, sisanya 1% dijelaskan oleh variabel lainyang tidak diteliti seperti gaya hidup, lokasi geografis dan lain sebagainya. Berdasarlan pengujian dapat disimpulkan bahwa pendapatan mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perilaku konsumsi
PERAN PASAR DISTRIBUTOR TERHADAP HARGA JUAL MINYAK GORENG IIS NUR FAIZAH
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.948 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5392

Abstract

The market mechanism in general can be interpreted as a meeting place between sellers and buyers to carry out buying and selling transactions of goods and services. The market according to the study of economics has the meaning; The market is a place or condition that brings together demand (buyers) or supply (sellers) for each type of goods, services or resources. Buyers include consumers who need goods and services, while for industries need labor, capital and raw goods for production both to produce goods and services. The seller includes the industry offering the product or service requested by the buyer; workers sell their labor and skills, land owners rent or sell their assets, while capital owners offer to share profits from certain business activities. In general, all people or industries will play a dual role, namely as buyers and sellers. The type of research used by the researcher is descriptive qualitative, this type of research is suitable for use in this research because the descriptive qualitative analysis technique is analyzing, describing and summarizing various situation conditions from various data collected in the form of interviews or observations about the problems studied that occur in the field. The impact of the Covid 19 pandemic has affected the dynamics of the national food situation. The impact of restrictions on mobility through PSBB and other health protocols, encourages community activities to fulfill basic food needs to be limited. The implementation of PSBB is an obstacle for supply chain activities for basic and strategic food commodities so that retail prices generally increase
STRATEGI LAYANAN JASA GRABFOOD DALAM MENINGKATKAN MINAT JUAL BELI MAKANAN Umi Khafidhoh
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.377 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5394

Abstract

Kemajuan teknologi saat ini ternyata memberikan dampak yang besar ke berbagai aspek. Salah satunya ialah aspek ekonomi yang sekarang mengarah ke ekonomi digital. Inovasi teknologi yang terus bermunculan menciptakan akses informasi, dan pemecahan masalah-masalah menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan beberapa dekade yang lalu. Saat ini, grab sedang menjadi perhatian khlayak dengan fitur yang dijanjikan dalam memberikan pelayanan pada bidang kuliner. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi GrabFood dalam meningkatkan minat jual beli makanan dan utnuk mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat jual beli pada aplikasi GrabFood, serta fitur yang terdapat pada aplikasi GrabFood yang memudahkan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena untuk memperoleh data sesuai dengan realita. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan saat ini GrabFood sudah berkembang pesat di seluruh Indonesia. Dan strategi yang dilakukan dari perusahaan GrabFood sendiri atau dari driver juga sudah memenuhi kebutuhan para konsumen yang memang pada akhir-akhir ini mereka selalu membutuhkan jasa untuk bertransaksi terutama dalam urusan jual beli makanan.
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Alika Cake & Cookies di Spait Siwalan Pekalongan Inka Sabila
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.84 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5395

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Alikka Cake & Cookies di Spait Siwalan Pekalonganyang merupakan usaha di bidang makanan yaitu bakery dan penelitian dilakukan dengan tujuanuntuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Alikka Cake &Cookies dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Sampel pada penelitian ini yaitu pemilikusaha tersebut. Jenis penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metodeobservasi dan wawancara dan di analisis dengan menggunakan analisis SWOT. Ada beberapafaktor-faktor yang mengakibatkan volume penjualan naik turun, namun usaha Alikka Cake &Cookies ini memiliki upaya-upaya dalam mengatasi hal tersebut. Dari penelitian ini didapatkanhasil bahwa penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh Alikka Cake & Cookiesmengunakan metode bauran pemasaran yang mencakup, namun dalam strategi tempat usahaini belum maksimal karena belum memiliki tempat usaha yang memadai dan mudah dijangkauoleh konsumen. Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Alikka Cake &Cookies sudah dijalankan dan cukup baik tetapi kurang maksimal dan perlu dievaluasi lagi agarmencapai target penjualan yang ingin dicapai. Indikator yang berpengaruh dalam upayameningkatkan volume penjualan pada Alikka Cake & Cookies yaitu strategi produk dan strategipromosi
DAMPAK PERKULIAHAN LURING TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT SEKITAR KAMPUS IAIN PEKALONGAN Emilia Alfiesyah
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.124 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5396

Abstract

The impact of the COVID-19 pandemic has resulted in reduced labor supply, unemployment, reduced income, increased costs of doing business in every sector, reduced consumption due to shifts in consumer preferences for each item, people's vulnerability to disease and vulnerability to changes in economic conditions. The pandemic also has an impact on students because online learning and working from home for educators are changes that must be made by lecturers to continue teaching students. The type of research used is the library research method, where research is carried out by taking data through library research. By using literature study, researchers can explore the basic theories and concepts that have been found by previous researchers. Consumptive lifestyle among IAIN Pekalongan students as an effort to increase prestige in the campus environment. The occurrence of economic changes in students is caused by other IAIN Pekalongan students with higher economic levels, wider social imagery, more modern knowledge of technology and information, and several other causes. A business opportunity is an opportunity that an entrepreneur has to achieve his business goal, namely returns, by doing a business that utilizes the various resources he has. With the existence of the IAIN Pekalongan campus, the surrounding community has business opportunities to improve the economy by establishing several businesses. The existence of the IAIN Pekalongan campus in general has an impact on the community's new economic growth, which can be seen by the increasing number of new types of businesses being found. This increase in income for the community is expected to have an impact, especially in the form of changes in people's attitudes about life regarding the education of their children.
Pengaruh Adanya Home Industri Konveksi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Ekonomi Islam Rizqi Mursalina
Sahmiyya Vol. 1 No. 1 (2022): VOLUME 1 NOMOR 1 2022
Publisher : UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.539 KB) | DOI: 10.28918/sahmiyya.v1i1.5398

Abstract

Home Industry adalah unit usaha kecil atau perusahaan berskala kecil yang bergerak di suatu bidang industri tertentu. Kesejahteraan masyarakat adalah suatu proses perbaikan menuju kehidupan yang lebih baik atau lebih sejahtera. Kesejahteraan hidup merupakan impian setiap manusia, tidak akan terwujud masyarakat yang sejahtera jika para masyarakatnya hidup dalam keadaan miskin. Sehingga bagaimana kemiskinan harus dihapuskan karena kemiskinan merupakan suatu bentuk ketidaksejahteraan yang menggambarkan suatu kondisi yang serba kurang dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Desa Sidodadi Indah Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Metode pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling. Dari hasil uji yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel independent (X) berpengaruh positif terhadap variabel dependent (Y) dengan signifikan 0,05. Kesejahteraan masyarakat dapat diukur dari kondisi ekonomi, Kesehatan dan tercukupinya kebutuhan ekonomi masyarakat. Dengan demikian adanya home industry konveksi berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat di desa Sidodadi Indah Kedungwuni. Dengan adanya penelitian ini, peneliti berharap dapat melakukan penelitian dengan sample yang lebih banyak. Penelitian selanjutnya juga dapat dilakukan dengan home industry lain yang lebih beragam.