Schrödinger: Journal of Physics Education
Vol. 2 No. 1 (2021): March

Analisis Pendidikan Karakter “Motivasi” Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Kota Jambi

Maharani Rizky Pratiwi (Universitas Jambi)
Auliya Ramadhanti (Universitas Jambi)
Endah Febri Setyarini (Universitas Jambi)
Kholila Kholila (Universitas Jambi)
Riska Fitriani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Untuk membandingkan hasil ketiga kelas tersebut dan melihat tingkat motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kota Jambi dalam proses pembelajaran. Metodologi: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey dengan instrumen penilaian tes berupa angket dengan variable karakter motivasi belajar, dan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter siswa, khususnya karakter motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4, X MIA 5 dan X MIA 6 SMAN 1 Kota Jambi, dengan jumlah total responden sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu jumlah sampel sama dengan populasi. Temuan Utama: Angket motivasi belajar siswa kelas X MIA 4 rata-rata tergolong dalam kategori “Cukup Baik” dengan 70 % pernyataan dijawab setuju oleh siswa dan 30 % pernyataan dijawab dengan sangat setuju oleh siswa. Hasil penelitian pada kelas X MIA 5 rata-rata tergolong dalam kategori “Baik” dengan 60 % pernyataan dijawab setuju oleh siswa dan 40 %, dijawab sangat setuju oleh siswa. Sedangkan hasil penelitian pada kelas X MIA 6 rata-rata tergolong dalam kategori “Lebih Baik” dengan 43,3 % pernyataan dijawab setuju oleh siswa dan 56,7 %, dijawab sangat setuju oleh siswa. Berdasarkan hasil angket tersebut, dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas X MIA 4 lebih rendah dari kelas X MIA 5 dan X MIA 6. Keterbaruan/Keaslian dari Penelitian: Melihat tingkat motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SJPE

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Covers all the Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new ...