Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini dimanfaatkan instansi pendidikan untuk memenuhi kepuasan akan kebutuhan khalayak, salah satunya Universitas Gunadarma dengan membuat website BAAK. BAAK Gunadarma dibentuk dengan berbagai fasilitas layanan dan informasi guna membantu memudahkan mahasiswa dalam menunjang seluruh kegiatan perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi pada website BAAK terhadap kepuasan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan paradigma postivistivistik, dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu penyebaran kuesioner kepada responden. Pengambilan jumlah sample dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan unit analisisnya mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratifications. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi website BAAK terhadap kepuasan pengguna pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma sebesar 52,4% dan sisanya sebesar 47,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas layanan dan kualitas informasi website BAAK terhadap kepuasan pengguna pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.
Copyrights © 2022