Archvisual: Jurnal Arsitektur dan Perencanaan
Vol 1 No 1 (2021): Archvisual

Ragam Metode Pemodelan Perilaku Evakuasi Kebakaran di dalam Bangunan

Dessy Syarlianti (Program Doktor Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung)
Himasari Hanan (Kelompok Keahlian Teori, Sejarah dan Kritik Arsitektur, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Desain keselamatan bangunan berkaitan erat dengan kemudahan dan efektifitas evakuasi. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh adalah perilaku evakuasi manusia. Dalam konteks kebakaran bangunan, model simulasi komputasi maupun matematis telah banyak dikembangkan untuk memahami fenomena perilaku evakuasi yang terjadi. Namun saat ini, sangat jarang dilakukan tinjauan yang komprehensif terhadap perkembangan metode pemodelan tersebut serta potensi penerapan di Indonesia sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji beberapa metode pemodelan perilaku evakuasi kebakaran di bangunan untuk menemukan potensi dan hambatan penerapannya, terutama dalam konteks Indonesia melalui kajian literatur. Di Indonesia sendiri penelitian arsitektural terkait dengan perilaku evakuasi kebakaran masih sangat minim. Sebagian besar berfokus pada kesesuaian aturan preskriptif, penempatan alat pemadam aktif, serta instalasi kompartemen dan sistem pemadam pasif. Aspek potensial untuk diikutsertakan dalam model perilaku evakuasi adalah sosial budaya Indonesia mengenai perbedaan dalam memahami dan memperoleh informasi lingkungan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

archvisual

Publisher

Subject

Arts Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Archvisual is national journal to facilitate all of researchers from universities, academies, and institutions; as well as students in relevance with architecture and planning; Architecture, Digital of Architecture, Urban Design, Traditional Architecture and Vernacular, Archeology, Local Wisdom, ...