CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 1 No 2 (2022): NOVEMBER

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA (BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA) DI SDN 3 MANGARAN KECAMATAN MANGARAN KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020

Dodik Eko Yulianto (universitas abdurachman saleh situbondo)
Aisa Nura Puspita (universitas abdurachman saleh situbondo)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V dalam pembelajaran adalah motivasi belajar tentang pelajaran IPA (benda-benda disekitar kita) rendah sehingga hasil yang diperoleh siswa kelas V SDN 3 Mangaran beragam dan belum menunjukkan hasil yang maksimal. motivasi sangat dibutuhkan dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut guru menerapkan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan motivasi belajar pada pelajaran IPA (benda-benda di sekitar kita) kelas V di SDN 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif. Dari hasil penelitian motivasi belajar dalam pembelajaran IPA (benda-benda di sekitar kita) mengalami peningkatan. Pada pra siklus persentase ketuntasan motivasi belajar mencapai 53,33%, pada siklus I motivasi belajar meningkat dari sebelumnya yang mencapai 66,18%, dan pada siklus II terjadi peningkatan motivasi belajar mencapai 81,60%. Berdasarkan data tersebut terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...