CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 1 No 1 (2022): : EDISI AGUSTUS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 1 SEMIRING I KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2020/2021

fatimatus holifa (universitas abdurachman saleh situbondo)
heldie bramantha (universitas abdurachman saleh situbondo)
dodik eko yulianto (universitas abdurachman saleh situbondo)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Model pembelajaran make a match merupakan salah satu pendekatan konseptual yang mengajarkan siswa memahami konsep-konsep isecara aktif, kreatif, interaktif, efektif dan menyenangkan bagi siswa sehingga ikonsep imudah idipahami idan ibertahan ilama idalam istruktur ikognitif isiswa. iRumusan imasalah idalam ipenelitian iadakah ibagaimana ipenggunaan imodel ipembelajaran iMake ia iMatch ikelas iIV iMata ipelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun iAjaran i2020/2021. Metode yang penulis gunakan kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode interview, observasi dan dokumenter, serta analisis data yang digunakan adalah diskriptif kualitatif. Berdasarkan deskripsi data dan analisis penelitian Pemanfaatan Model Pembelajaran Make a Match Kelas IV pada Mata pelajaran IPA di SDN 1 Semiring Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2020/2021 maka pada akhir skripsi dapat idisimpulkan yaitu idalam imenerapkan model ipembelajaran Make A Match meliputi Guru menyiapkan beberapa kartu iyang berisi beberapa ikonsep iatau itopik iyang cocok untuk sesi review, sebaliknya Satu bagian kartu soal Dan bagian lainnya kartu jawaban, Setiap isiswa mendapat satu buah kartu, Tiap siswa memikirkan jawaban/soal idari kartu yang dipegang, Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal ijawaban), Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin, Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...