Jurnal Teknik Industri : Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri
Vol 9, No 2 (2023): DESEMBER 2023

Pengembangan Produk Roti Sorgum Vla Dadih Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen

Prima Fithri (ANDALAS UNIVERSITY)
Aufa Hayuzikra (Universitas Andalas)
Alizar Hasan (Universitas Andalas)
Asmuliardi Muluk (Universitas Andalas)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Pengembangan produk baru penting dilakukan karena sangat erat kaitannya akan keberlangsungan bertahannya produk tersebut. Dengan melakukan pengembangan produk berdasarkan preferensi konsumen, peluang produk bertahan lama akan lebih besar. Sehingga minat pelanggan akan semakin meningkat begitu pula dengan penjualan yang semakin tinggi. Salah satu produk inovasi yang dilakukan oleh tim dosen Science Techno Park Universitas Andalas ialah Roti Sorgum Vla Dadih. Roti ini sangat kaya akan gizi hingga memiliki banyak manfaat di antaranya dapat mencegah stunting, menurunkan berat badan, dan juga mencegah kadar gula darah. Produk ini hanya memiliki satu varian yaitu roti sorgum yang didampingi dengan vla dadih. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan produk baru yang mempertimbangkan preferensi konsumen pada produk Roti Sorgum Vla Dadih.Pengembangan produk baru pada penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis untuk memperoleh kombinasi atribut dan level berdasarkan preferensi konsumen. Selanjutnya digunakan Tabulasi Silang dengan pendekatan Uji Chi-Square untuk memprediksi keinginan konsumen membeli produk Roti Sorgum Vla Dadih. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa terdapat lima atribut penting oleh konsumen dalam pengembangan produk roti yaitu atribut rasa, atribut tekstur, atribut kemasan, atribut topping, dan atribut kandungan gizi. Berdasarkan atribut dan level yang dianggap penting oleh konsumen diperoleh 25 kombinasi produk roti. Kombinasi produk terbaik yaitu rasa vla coklat dengan tekstur crunchy dan kemasan yang praktis. Topping yang dipilih pada kombinasi produk roti terbaik ini ialah keju dengan kandungan gizi rendah kalori. Selanjutnya diperoleh minat beli responden yang cukup tinggi baik berdasarkan pekerjaan maupun riwayat terakhir responden mengonsumsi roti. Responden yang bekerja sebagai karyawan memiliki persentase paling tinggi dibanding yang lainnya yaitu 53% dan responden dengan riwayat mengonsumsi roti lebih 3 bulan atau lebih memiliki persentase pasti akan membeli “Roti Sorgum Vla Dadih” sebesar 51%. Hal ini memungkinkan konsumen roti lainnya akan berpindah ke produk “Roti Sorgum Vla Dadih” melihat besarnya persentase responden pada skala pasti akan beli.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jti

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

(ISSN : 2460-898X) JTI merupakan jurnal akademik yang dipublikasikan 2 kali setahun, meliputi bulan Juni dan Desember. Tujuan jurnal ini menyediakan tulisan yang memiliki yang fokus pada bidang Teknik Industri. lebih lanjut jurnal ini dipulikasikan oleh Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan ...