JURNAL DIVERSITA
Vol. 9 No. 1 (2023): JURNAL DIVERSITA JUNI

Efektivitas Pelatihan Manajemen Stress Untuk Menurunkan Stress Siswa Baru Di Sekolah Ikatan Dinas X

Syaiful Anwar Prasetyo (Universitas Airlangga)
Nurul Hartini (Universitas Airlangga)
Afif Kurniawan (Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelatihan manajemen stress untuk menurunkan stress pada siswa baru di sekolah kedinasan X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain yang berbentuk non-randomized pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah Siswa baru sebanyak 109 orang yang dibagi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala stress pada Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42) untuk mengukur tingkat stress subjek. Berdasarkan hasil pengujian data, diketahui bahwa terdapat perbedaan skor stress antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Hasil nilai N Gain pada uji hipotesis kedua kelompok kelompok memperoleh nilai sig. 0,002<0,05 artinya pelatihan manajemen stress mampu menurunkan stress siswa baru secara signifikan. Pelatihan manajemen stress bermanfaat menambah pengetahuan siswa baru tentang stress dan bagaimana mengidentifikasi stressor serta mendapatkan keterampilan manajemen stress sehingga mampu mengelola stress dengan baik selama melaksanakan pendidikan di sekolah kedinasan X.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diversita

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Journal Diversita is an open access, interdisciplinary journal for the rapid publication of original articles and reviews that focus on basic research in all areas of Biomarkers. The journal is broad scoped and considers topics from all related subjects of perception, cognition, attention, emotion, ...