Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, June 2023

PENERAPAN MODEL PROJECT BASE LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Arika Nur Mayasari (Universitas PGRI Madiun)
Rosita Ambarwati (Unknown)
Harmi (SDN Bukur 01)



Article Info

Publish Date
26 May 2023

Abstract

ABSTRAK Peneliti melakukan observasi terhadap sebuah kelas dan diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran matematika di SDN Bukur 01. Penyebab hal ini terjadi yaitu siswa yang kurang antusia, tidak menyenangi dan merasa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Project Base Learning . Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang diterapkan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode campuran. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah kelas 5 siswa SDN Bukur 01 yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini pada kondisi awal dari 7 siswa yang lulus KKM (≥ 70) yaitu sejumlah 2 siswa (28,6%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (71,4%). Pada siklus 1 kenaikan belum terlalu signifikan namun sudah mengalami peningkatan yaitu terdapat 3 (42,9%) siswa yang telah memenuhi kelulusan dan 4 siswa (57,1%) yang belum tuntas. Siklus II sudah terlihat kenaikan yang cukup baik yaitu jumlah siswa yang telah memenuhi kriteria mencapai 6 siswa (85,7%) sedangkan terdapat 1 siswa (14,3%) yang belum tuntas. Dengan demikian dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Project Base Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bukur 01 Jiwan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...