ABSTRAK Peneliti melakukan observasi terhadap sebuah kelas dan diperoleh data bahwa hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada mata pelajaran matematika di SDN Bukur 01. Penyebab hal ini terjadi yaitu siswa yang kurang antusia, tidak menyenangi dan merasa kesulitan dalam mempelajari mata pelajaran matematika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Pembelajaran Project Base Learning . Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang diterapkan peneliti dalam penelitian ini yaitu metode campuran. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah kelas 5 siswa SDN Bukur 01 yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini pada kondisi awal dari 7 siswa yang lulus KKM (≥ 70) yaitu sejumlah 2 siswa (28,6%) sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa (71,4%). Pada siklus 1 kenaikan belum terlalu signifikan namun sudah mengalami peningkatan yaitu terdapat 3 (42,9%) siswa yang telah memenuhi kelulusan dan 4 siswa (57,1%) yang belum tuntas. Siklus II sudah terlihat kenaikan yang cukup baik yaitu jumlah siswa yang telah memenuhi kriteria mencapai 6 siswa (85,7%) sedangkan terdapat 1 siswa (14,3%) yang belum tuntas. Dengan demikian dapat diartikan bahwa penerapan model pembelajaran Project Base Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SDN Bukur 01 Jiwan.
Copyrights © 2023