Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 1 (2023): Volume 08, Nomor 01, Juni 2023

ANALISIS PRINSIP SENI RUPA PADA KARYA GAMBAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Faidhul Inayah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap tingkat kemampuan siswa terhadap prinsip seni rupa sesuai dengan tujuan pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar siswa SD kelas V. Pada tujuan pembelajaran siswa diajarkan mengenal dan mengaplikasikan prinsip-prinsip seni rupa dalam menggambar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa kelas V A kelas V A SDN 24 KP. Tangga Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data dari seluruh instrumen penelitian yang terdiri dari prinsip kesatuan, keserasian, dominasi, irama, keseimbangan dan kesebandingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 orang siswa atau sebanyak 14,3% siswa yang dapat mengaplikasikan dengan baik seluruh prinsip seni rupa dalam gambar, sebanyak 4 siswa atau 28,6% dapat mengaplikasikan 5 prinsip seni rupa dengan baik, 42,8% dapat mengaplikasikan 4 prinsip seni rupa dengan baik sedangkan sisanya 2 orang atau 14,3% siswa hanya dapat mengaplikasikan 1 prinsip seni rupa dengan baik. Selain itu prinsip seni rupa yang paling mudah dipahami siswa yakni prinsip kesatuan dan keserasian yang dapat diaplikasikan sebanyak 85,7% dari jumlah siswa, sementara prinsip yang paling sulit dipahami yakni prinsip kesebandingan yang hanya dapat diaplikasikan oleh 35,7% siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...