JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 7, No 3 (2023): Juni

PEMBERDAYAAN JIWA ENTREPRENEURSHIP SISWA SMAN MELALUI PENDAMPINGAN PROPOSAL BISNIS

Nur Rachma (Jurusan Akuntansi, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Karlina Ghazalah Rahman (Jurusan Akuntansi, Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia)
Abdullah Abdullah (Institut Teknologi dan Bisnis Nobel)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2023

Abstract

Abstrak: Pelatihan kewirausahaan merupakan kegiatan yang merupakan salah satu solusi untuk mengembangkan karakter Kewirausahaan siswa. Mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini berjumlah 5 sekolah dan salah satu mitra yang dituju dalam pengabdian ini adalah SMA Negeri 1 Sidrap, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Salah satu masalah terutama bagi siswa sekolah menengah adalah bahwa banyak dari mereka membantu bisnis / bisnis orang tua mereka, tetapi sebagian besar siswa tidak memiliki pemahaman tentang bagaimana melakukan kewirausahaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mengembangkan karakter kewirausahaan guna mengingkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Kabupaten Sidrap. Oleh karena itu, perlu adanya motivasi, pemahaman, dan pelatihan tentang bagaimana mengembangkan karakter kewirausahaan bagi siswa. Metode pelaksanaan layanan ini adalah metode sosialisasi, workshop pendampingan proposal bisnis, wawancara, serta dokumentasi dan evaluasi menggunakan kuesioner. Untuk mengukur tingkat keberhasilan program kegiatan ini, dilakukan dengan mengukur: (1) tingkat partisipasi mitra, (2) tingkat keaktifan peserta pelatihan, dan (2) tingkat pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan. Hasil dari pelaksanaan layanan ini antara lain: (1) Peningkatan pengetahuan dan pemahaman Mitra tentang kewirausahaan sebesar 80%, (2) Pengembangan karakter siswa dalam berwirausaha sebesar 80%, (3) Peningkatan motivasi mahasiswa untuk menjadi Entrepreneur sebesar 80%, (4) Peningkatan pengetahuan dan pemahaman Mitra mengenai manajemen bisnis atau usaha yang baik sebesar 75%, dan (5) Peningkatan keterampilan Mitra dalam membuat/mendirikan usaha atau bisnis sebesar 75%.Abstract: Entrepreneurship training is an activity that is one of the solutions to develop students' entrepreneurial character. The partners of this community service activity are 5 schools and one of the intended partners in this service is SMA Negeri 1 Sidrap, Sidrap Regency, South Sulawesi. One of the problems especially for high school students is that many of them help their parents' businesses/businesses, but most students have no understanding of how to do entrepreneurship. The purpose of this activity is to increase students' motivation and understanding in developing entrepreneurial character in order to improve the standard of living of the community, especially in Sidrap Regency. Therefore, there is a need for motivation, understanding, and training on how to develop entrepreneurial character for students. The methods of implementing this service are socialization methods, business proposal mentoring workshops, interviews, as well as documentation and evaluation using questionnaires. To measure the success rate of this activity program, it is carried out by measuring: (1) partner participation rate, (2) trainee activeness level, and (2) training participant knowledge and skill level. The results of the implementation of this service include: (1) Increasing Partners' knowledge and understanding of entrepreneurship by 80%, (2) Developing students' character in entrepreneurship by 80%, (3) Increasing student motivation to become Entrepreneurs by 80%, (4) Increasing Partners' knowledge and understanding of good business management or business by 75%, and (5) Increasing Partners' skills in creating/establishing businesses or businesses by 75%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...