SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 7, No 2 (2023): June

STRATEGI E-BRANDING DALAM RANGKA PENGUATAN PEMASARAN PADA KELOMPOK WANITA TANI TEGAL SEJAHTERA

Aulia Fashanah Hadining (Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kirana Rukmayuninda Ririh (Badan Riset dan Inovasi Nasional)
Ulinnuha Latifa (Teknik Elektro, Universitas Singaperbangsa Karawang)
Reni Rakhmadewi (Teknik Elektro, Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

ABSTRAKKementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkopukm) melaporkan bahwa jumlah UMKM mengalami peningkatan sebesar 1,98% pada tahun 2018 hingga 2019. Di Karawang, Jawa Barat, terdaftar sebesar 2.966 UMKM, namun masih terdapat banyak usaha terutama usaha desa yang tidak terdaftar yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Tegal Sejahtera yang memproduksi keripik pisang. Saat ini, pemasaran yang dilakukan oleh KWT masih manual mulut ke mulut dengan desain kemasan yang kurang menarik. Namun, keripik pisang yang diproduksi selalu habis terjual dan memiliki keuntungan yang cukup baik. Oleh karena itu melalui strategi e-branding pada KWT Tegal Sejahtera berupa penguatan pengamahaman mengenai pemasaran secara online dan perancangan iklan, logo, dan kemasan keripik pisang hasil produksi KWT Tegal Sejahtera. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan melakukan observasi kebutuhan KWT Tegal Sejahtera, perancangan ulang desain kemasan dan logo, pelatihan pemasaran secara tatap muka, dan pendampingan penguatan internet marketing dengan memanfaatkan sosial media Facebook. Kegiatan ini memberikan rekomendasi berupa logo produk, kemasan yang baru, dan stiker kemasan yang dapat digunakan untuk penjualan produk berikutnya. Dari hasil kegiatan yang dilakukan 50% peserta setuju bahwa materi yang disampaikan pada saat pendampingan sesuai dengan tujuan dari pendampingan. Kata kunci: branding; internet marketing; desain kemasan.ABSTRACTThe Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises (Kemenkopukm) reported that the number of SMEs increased by 1.98% from 2018 to 2019. In Karawang, West Java, there are 2,966 registered SMEs, but there are still many unregistered businesses, especially rural enterprises such as the Tegal Sejahtera Women Farmers Group (Kelompok Wanita Tani or KWT), which produces banana chips. Currently, KWT's marketing is still done through word of mouth with unattractive packaging design. However, the banana chips they produce are always sold out and generate considerable profits. Therefore, through an e-branding strategy for KWT Tegal Sejahtera, they aim to strengthen their understanding of online marketing and design advertisements, logos, and packaging for their banana chips. The community engagement activities begin with observing the needs of KWT Tegal Sejahtera, redesigning the packaging and logo, conducting face-to-face marketing training, and providing support for internet marketing using social media platforms like Facebook. These activities provide recommendations such as a new product logo, new packaging, and packaging stickers that can be used for future product sales. Based on the results of these activities, 50% of the participants agreed that the information provided during the support sessions aligns with the objectives of the support program. Keywords: branding; internet marketing; packaging.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...