SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Kualitas Pelayanan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Eko Wagiyanto (PPs STIE Amkop Makassar)
Umi Farida (Unknown)
Suwanti Suwanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2023

Abstract

Pemerintah Indonesia menerapkan e-government yang bertujuan untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, adil, bertanggung jawab, transparan, bersih, akuntabel, responsif, efektif dan efisien. Hal tersebut dilakukan agar segala kegiatan yang bersifat pelayanan publik dapat terlaksana dengan cepat sehingga produktivitas kerja pegawai terhadap pelayanan dapat berjalan optimal. Namun sangat berbeda yang terjadi di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju. Banyaknya tuntutan masyarakat yang disebabkan pelayanan yang berjalan di kantor dinas tersebut tidak berjalan dengan bak, dimana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat kurang terlaksana dengan optimal. Misalnya pembuatan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) dan surat administrasi lainnya banyak mengalami kendala, sehingga partisipasi masyarakat untuk datang kekantor dalam menyelesaikan kelengkapan administrasi kependudukan tidak terlaksana dengan baik. Menurut beberapa tokoh masyarakat setempat, Hal tersebut disebabkan karena kurang tanggapnya pegawai dalam melakukan pelayanan, buruknya sarana dan prasarana publik serta kurang sigapnya pegawai dalam merespon keluhan dari masyarakat yang datang untuk menyelesaikan urusan administrasi kependudukan. Dari berbagai permasalahan tersebut dapat diketahui bahwa Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mamuju belum memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitis untuk menjelaskan hubungan kausal melalui pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Indikator utama yang mendominasi penilaian terhadap responden terkait kualitas layanan yang berdampak pada puasnya masyarakat yang datang untuk menyelesaikan administrasi kependudukan, terlebih sarana dan prasarana publik yang disediakan oleh kantor tersebut sudah nyaman dan memadai. Kata kunci: Pelayanan, Kualitas, E-KTP

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...