Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2023): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 2 Tahun 2023

Kemampuan Metakognisi Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif dalam Menyelesaikan Soal PISA

Bernadetha Silaban (Indonesia University of Education)
Darhim Darhim (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Abstrak Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa berdasarkan gaya kognitif FI (Field independent) dan FD (field dependent) dalam menyelesaikan masalah matematis model PISA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument berupa angket gaya kognitif GEFT (Group Embedded Figures Tests), soal test pemecahan masalah model PISA, dan juga melalui aktivitas wawancara. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kriteria siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Subjek dengan gaya kognitif FI memiliki metakognisi yang baik serta mampu memecahkan masalah matematis model PISA dengan menggunakan aspek planning, monitoring dan evaluating dengan maksimal pada setiap permasalahan yang diberikan. Sedangkan Subjek dengan gaya kognitif FD memiliki metakognisi yang kurang baik serta belum mampu memecahkan masalah matematis model PISA dengan menggunakan aspek planning, monitoring dan evaluating secara maksimal pada setiap proses penyelesaian masalah pada soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...