Al - Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Vol 8, No 01 (2023): Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Metodologi Tafsir Maudhu’i Perspektif Al-Sa’di dalam Taisir Al-Lathif Al-Mannan Fi Khulashah Tafsir Al-Qur’an (Karya Tafsir Kedua ‘Abd Al-Rahman Ibn Nashir Al-Sa’di)

Rahendra Maya (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Syaeful Rokim (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Muhammad Naji Bulloh (Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Bogor)
Muhammad Fadilah Alfarisi (Universitas Islam Madinah)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Al-Sa’dî dan berbagai karyanya banyak menarik minat para peneliti untuk melakukan penelitian terhadapnya. Di antara karya Al-Sa’dî yang patut diapresiasi dan mendapatkan atensi penelitian adalah karya tafsir keduanya yang berjudul Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân. Namun dalam realitasnya, tafsir tersebut belum banyak dijadikan sebagai objek penelitian, dibandingkan kitab tafsir primer dan populer karya Al-Sa’dî, yaitu Taisîr Al-Karîm Al-Rahmân fî Tafsîr Kalâm Al-Mannân. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi pustaka dengan teknik pengumpulan data menggunakan sumber-sumber literatur dan dokumentasi, sedangkan teknik analisisnya mengunakan analisis isi secara deskriptif dan kualitatif-interpretatif. Tujuan dari artikel ini adalah mengintroduksi Taisîr Al-Lathîf Al-Mannân fî Khulâshah Tafsîr Al-Qur’ân sebagai karya tafsir Al-Sa’dî lainnya yang layak untuk dijadikan objek penelitian dan dengan menganalisis isi kandungannya secara deskriptif-interpretatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alt

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir: is a peer review of a national journal published by the Tarbiyah Department of Al Hidayah Islamic High School in Bogor in an Islamic Education study program. This journal focuses on issues of Qur'anic science and ...