Jurnal Desain
Vol 10, No 3 (2023): Jurnal Desain

Representasi Makna Bias Gender pada Iklan Gofood Seri Ibu Sedang Sibuk (2021)

Yuni Zaharani (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2023

Abstract

Iklan merupakan salah satu media promosi efektif untuk memasarkan produk dan jasa kepada calon konsumen. Iklan juga dapat menjadi media yang memuat makna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna bias gender pada iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) dan melihat apakah iklan ini masih melanggengkan stereotip gender perempuan pada budaya patriarki. Pendekatan kualitatif dengan metode semiotika Roland Barthes digunakan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa iklan GoFood Seri Ibu sedang Sibuk (2021) memuat makna bias gender berupa stereotip pekerjaan domestik milik perempuan bukan milik laki-laki, perempuan harus serba bisa, laki-laki lebih superior dari perempuan, perempuan bertanggung jawab menyediakan makanan untuk keluarga, dan subordinasi perempuan. Namun iklan ini tidak mengeksploitasi kemolekan tubuh perempuan sebagai daya tarik seksual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Desain

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Desain focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments include research reports, conceptual ideas, studies, theories, using the qualitative approach in Design and Visual Communications, Interior Design, Fashion Design, ...