Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan buku panduan konseling client centered yang efektif untuk pengembangan karakter kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan berpedoman pada tahapan model 4D yaitu, define, design, development, dan dessminate. Subjek penelitian ini meliputi 5 pakar dalam bidang bimbingan konseling yang terdiri dari 2 dosen bimbingan konseling dan 18 sampel dari siswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Kelayakan isi produk diuji berdasarkan penilaian validitas oleh 5 ahli dan dianalisis dengan metode analisis content validity ratio dan content validity index. Uji efektivitas produk diujikan kepada 18 siswa dalam dua tahap yaitu pre-test dan post-test yang dianalisis dengan metode one paired sample t-test. Hasil penelitian ini mendapati bahwa buku panduan konseling client centered untuk mengembangkan karakter kemandirian adalah layak untuk digunakan. Abstract: This research was conducted with the aim of developing an effective client centered counseling guidebook for the development of students' self-reliance character. This study uses a research and development design guided by the stages of the 4D model, namely, define, design, development, and dessminate. The subjects of this study included 5 experts in the field of counseling guidance consisting of 2 counseling guidance lecturers and 18 samples of students taken using simple random sampling method. The feasibility of the product content was tested based on the validity assessment by 5 experts and analyzed using the content validity ratio and content validity index analysis methods. The product effectiveness test was tested on 18 students in two stages, namely pre-test and post-test which were analyzed using the one paired sample t-test method. The results of this study found that the client centered counseling guidebook to develop the character of independence was feasible to use.
Copyrights © 2021