cover
Contact Name
Ni Ketut Suarni
Contact Email
tut_arni@yahoo.com
Phone
+6287863003014
Journal Mail Official
tut_arni@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Udayana no. 11, Singaraja, Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
ISSN : 26151170     EISSN : 26151189     DOI : https://doi.org/10.23887/jurnal_bk
Core Subject : Education,
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia is a peer-reviewed journal, published by Universitas Pendidikan Ganesha. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling. Its scope counseling in education, sections include research, assessment, supervision in counseling, sexual abuse, violence addition counseling, multi-cultural counseling, crisis intervention, trauma counseling, ITC in counseling, counseling career, spiritual counseling, marriage and family counseling, counseling and psychotherapy.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 115 Documents
Pengembangan Skala Kecerdasan Interpersonal Remaja Sekolah Menengah Atas Bunga Nirmala; I Ketut Gading; Kadek Ari Dwiarwati
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.575

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research & Development yang menjadi acuan dalam proses tahapannya yaitu Four-D yakni define, design, develop, dan disseminate. Populasi penelitian berjumlah 1117 dan diambil sebanyak 168 siswa sebagai sampel. Pengujiannya yaitu validitas melibatkan 163 siswa. Sedangkan pengujian reliabilitas melibatkan 86 siswa. Penyebaran kuesioner dilaksanakan dengan bantuan google form. Kemudian analisis data validitas instrument menggunakan formula pearson product moment sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas instrumen kecerdasan interpersonal, dapat dikatakan bahwa instrumen yang dikembangkan telah layak dan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas yang termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai validitas sebesar 0,97 dan reliabilitas sebesar 0,927. Sehingga dapat disimpulkan bahwa skala kecerdasan interpersonal remaja Sekolah Menengah Atas layak untuk dijadikan alat ukur kecerdasan interpersonal khususnya remaja Sekolah Menengah Atas. Terkhusus guru bimbingan konseling di Sekolah Menengah Atas, agar dapat menjadikan skala kecerdasan interpersonal sebagai alternatif alat ukur yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling khususnya pada siswa remaja Sekolah Menengah Atas. Abstract: This research is a type of research and development that is used as a reference in the four-D process, namely define, design, develop, and disseminate. The research population was 1117 and 168 students were taken as samples. The test is validity involving 163 students. While the reliability test involved 86 students. The distribution of the questionnaire was carried out with the help of google forms. Then the data analysis of the validity of the instrument used the Pearson product moment formula while the reliability of the instrument used the Alpha Cronbach formula. Based on the validity and reliability test of the interpersonal intelligence instrument, it can be said that the instrument developed is feasible and meets the criteria for validity and reliability which is included in the high category with a validity value of 0.97 and a reliability of 0.927. So it can be concluded that the interpersonal intelligence scale of high school adolescents is appropriate to be used as a measuring instrument for interpersonal intelligence, especially high school adolescents. Especially counseling guidance teachers in high schools, in order to make the interpersonal intelligence scale as an alternative measuring tool that is used as a reference in the implementation of Counseling Guidance services, especially for high school adolescent students.
Pengembangan Instrumen Skala Self-Management pada siswa SMP Zulfi Qomariah; I Ketut Gading; Gede Nugraha Sudarsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.576

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan instrumen Self Management. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei angket, responden dalam penelitian ini adalah 200 responden yang diambil secara acak dari SMP N 1 Serririt, SMP N 1 Banjar, dan SMP Laboraturium Undiksha. Uji validitas isi dalam penelitian Penelitian ini menggunakan rumus Losche, CVR=1 dan CVI=1. Uji validitas butir dalam penelitian ini memberikan nilai rxy sebesar 0,33, diperoleh 40 butir soal yang valid, dan menggunakan rumus Alpha Krombach untuk memberikan hasil reliabilitas dan menerima hasil. 0,85 memiliki kategori reliabilitas sangat tinggi. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen self management dikatakan layak digunakan. Abstract: The purpose of this study was to determine the feasibility of the Self Management instrument. The data was collected using a questionnaire survey method, the respondents in this study were 200 respondents who were taken randomly from SMP N 1 Serririt, SMP N 1 Banjar, and SMP Laboraturium Undiksha. The content validity test in this study used the Losche formula, CVR=1 and CVI=1. The item validity test in this study gave an rxy value of 0.33, obtained 40 valid items, and used the Alpha Krombach formula to provide reliability results and accept the results. 0.85 has a very high reliability category. Based on these results, the self-management instrument is said to be feasible to use.
Pengembangan Buku Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa I Gusti Ayu Agung Krisna Sudewi; I Ketut Gading; Gede Nugraha Sudarsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.577

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keterterimaan dan efektivitas buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management untuk meningkatkan self-control siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bertugas untuk menguji keterterimaan buku panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat baik, dengan demikian buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management telah memenuhi ketentuan keterterimaan. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan kepada 10 siswa dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang berarti penggunaan buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management ini efektif untuk meningkatkan self-control siswa SMA. Berdasarkan hasil tersebut instrumen konseling kognitif behavioral teknik self-management layak untuk meningkatkan self-control siswa. Abstract: This study aims to develop and test the acceptability and effectiveness of the cognitive behavioral counseling manual on self-management techniques to improve students' self-control. This research is a type of development research using 4D development procedures (Define, Design, Develop, and Disseminate). This study involved 3 experts and 2 practitioners in the field of guidance and counseling in charge of testing the acceptability of the guidebook. The research data was collected by means of a questionnaire which was analyzed with the formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI), and t-test. The results of the CVR analysis showed that all statements of the questionnaire items were accepted and obtained a CVI value of 1 with a very good category, thus the guidebook for cognitive behavioral counseling self-management techniques has met the acceptance requirements. The test of the effectiveness of the guidebook was carried out to 10 students using a one group pre-test post-test experimental design. The results of the t-test showed a significance value of 0.001, which means that the use of the cognitive behavioral counseling manual for self-management techniques is effective in increasing the self-control of high school students. Based on these results, the cognitive behavioral counseling instrument with self-management techniques is feasible to increase students' self-control.
Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja Melia Yulanda; Ni Ketut Suarni; Gede Nugraha Sudarsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.578

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen yang teruji validitas dan reliabilitasnya sehingga menghasilkan instrumen yang layak untuk mengukur karakter inovatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian research and development dengan menggunakan model penelitian Four D yang terdiri dari empat tahapan penelitian yaitu define, design, develop, dan disseminate. Lokasi pengambilan data pada penelitian ini yaitu di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Singaraja. Teknik pengambilan sampel menggunakan jenis simple random sampling dengan populasi yang digunakan adalah seluruh siswa dan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas isi yang melibatkan 3 ahli dan 2 praktisi diperoleh nilai ∑CVR sebesar 36 dan CVI sebesar 1. Pada hasil validitas empirik menunjukkan 36 butir pernyataan memiliki nilai korelasi tinggi maka instrumen pengukuran karakter inovatif telah memenuhi kriteria valid. Hasil pengujian reliabilitas instrumen diperoleh hasil reliabel dan memiliki klasifikasi “sangat reliabel” sehingga layak untuk digunakan sebagai alat ukur karakter inovatif. Instrumen pengukuran karakter inovatif yang dihasilkan dalam penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alat ukur karakter inovatif siswa sekolah menengah pertama sehingga akan mempermudah guru bimbingan konseling dalam memberikan layanan bimbingan konseling yang tepat dan optimal bagi siswa yang memiliki karakter inovatif rendah. Abstract: This study aims to develop an instrument that has been tested for validity and reliability so as to produce a suitable instrument to measure the innovative character of students. This research is a research and development research using the Four D research model which consists of four stages of research, namely define, design, develop, and disseminate. The location of data collection in this study is at the State Junior High School 4 Singaraja. The sampling technique used is simple random sampling with the population used is all students and the research sample is 60 students. The results of the study after a content validity test involving 3 experts and 2 practitioners obtained a CVR value of 36 and a CVI of 1. The results of empirical validity showed that 36 statements had a high correlation value, so the innovative character measurement instrument had met the valid criteria. The results of the instrument reliability test obtained reliable results and have a "very reliable" classification so that it is feasible to be used as a measuring instrument for innovative characters. The innovative character measurement instrument produced in this study is expected to be used as a measuring tool for the innovative character of junior high school students so that it will make it easier for counseling guidance teachers to provide appropriate and optimal counseling services for students who have low innovative characters.
Pengembangan Skala Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Taufikur Rohman; Nyoman Dantes; I Ketut Gading
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skala kedisiplinan belajar pada siswa. Dalam rangka memenuhi hal tersebut dilakukan penelitan dengan menggunakan metode Reaserch and Development model Borg & Gall, dengan 10 langkah tahap pengembangan yaitu : 1) pengumpulan data, 2) perencanaan, 3) mengembangkan draft produk, 4) uji coba pertama dilapangan, 5) penyempurnaan produk awal, 6) uji coba dilapangan, 7) penyempurnaan hasil uji lapangan, 8) melaksanakan uji lapangan, 9) penyempurnaan product akhir, dan 10) implementasi. Pada pengujian validitas peneliti menggunakan Formula Lawshe dengan lima ahli beserta praktisi BK untuk menguji kepatutan instrument yang dikembangkan berisi 45 pertanyaan. Untuk menguji Tingkat validitas secara terbatas peneliti menggunakan korelasi Product Moment (Pearson Correlation) dengan bantuan program SPSS yang melibatkan 80 responden, untuk menguji validitas lebih luas peneliti melibatkan 170 responden. Untuk menguji reliabilitas peneliti menggunakan Alpha Cronbach melibatkan 60 responden, adapun pengambilan datanya ditarik secara random melalui google form. Pada penyebaran diperoleh nilai validitas 0,98 dan reliabilitas 0,889 sehingga masuk dalam kategori sangat tinggi dan instrument dinyatakan layak untuk mengukur kedisiplinan belajar siswa. Abstract: This study aims to develop a learning discipline scale in students. In order to fulfill this, research is carried out using the Research and Development method of the Borg & Gall model, with 10 stages of development, namely: 1) data collection, 2) planning, 3) developing product drafts, 4) first field trials, 5) refinement initial product, 6) field trials, 7) refinement of field test results, 8) conduct field tests, 9) refine final products, and 10) implementation. In testing the validity of the researcher using Lawshe's Formula with five experts and BK practitioners to test the appropriateness of the developed instrument containing 45 questions. To test the limited validity level, the researcher used Product Moment Correlation (Pearson Correlation) with the help of the SPSS program which involved 80 respondents, to test the wider validity the researcher involved 170 respondents. To test the reliability of the researchers using Alpha Cronbach involving 60 respondents, while the data was taken randomly through the google form. In the distribution, the validity value is 0.98 and the reliability is 0.889, so it is included in the very high category and the instrument is declared feasible to measure student learning discipline.
Pengembangan Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Pada Siswa Ni Putu Nia Suastari; Nyoman Dantes; I Ketut Dharsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan buku panduan konseling model behavioral untuk meningkatkan self management siswa SMA. Penelitian ini termasuk pengembangan (Research&Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Lima orang yang menjadi pakar dan praktisi bimbingan konseling dilibatkan dalam penilaian kelayakan buku panduan yakni para dosen Bimbingan Konseling dan guru bimbingan konseling sekolah. Dalam penilaian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari 22 item yang mengacu pada keterterimaan buku panduan. Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio. Hasil penelitian dengan acuan minimum ≥0.60 menunjukkan hasil validasi isi sebesar 1 dan CVI 1, berdasarkan hasil tersebut maka buku panduan model konseling behavioral untuk meningkatkan self management siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keterterimaan sebagai instrument dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan pada 10 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banjarangkan dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menemukan nilai signifikansi 0,001 yang berarti penggunaan buku panduan model konseling behavioral efektif untuk meningkatkan self management siswa. Berdasarkan uji tersebut maka buku panduan model konseling behavioral layak digunakan untuk meningkatkan self management siswa. Abstract: This study aims to develop and test the acceptability of behavioral model counseling guidebooks to improve self-management of high school students. This research includes research and development using a 4D development model (define, design, develop, disseminate). Five people who became experts and practitioners of counseling guidance were involved in the assessment of the feasibility of the guidebook, namely the Guidance Counseling lecturers and school counseling guidance teachers. In this assessment, an instrument consisting of 22 items refers to the acceptability of the guidebook. The data analysis method used is Content Validity Ratio. The results of the study with a minimum reference of 0.60 showed content validation results of 1 and CVI 1, based on these results, the behavioral counseling model guidebook to improve student self-management developed in this study met the acceptance criteria as an instrument in implementing counseling guidance services in schools. The effectiveness test of the guidebook was carried out on 10 students of class XI SMA Negeri 1 Banjarangkan using an experimental design of one group pre-test post-test. The results of the t-test found a significance value of 0.001 which means that the use of the behavioral counseling model guidebook is effective to improve student self-management. Based on these tests, the behavioral counseling model guidebook is appropriate to be used to improve student self-management.
Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perilaku Coping Pada Siswa Sri Hastuti; Nyoman Dantes; Kadek Suranata
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji daya terima alat bantu permainan Ular Tangga untuk meningkatkan perilaku siswa SMA. Ini dikembangkan sebagai alat bimbingan terarah bagi guru untuk meningkatkan keterampilan koping siswa dengan memberikan layanan bimbingan di sekolah. Hasil Penelitian (1) Peningkatan perilaku coping Alat bantu permainan ular tangga dinilai sesuai untuk: (a) Hasil bahan peer-review yaitu: Perhitungan deskriptif dosen Universitas Pendidikan Ganesha dengan persentase menunjukkan (90,48%), sangat baik dalam rentang evaluasi (b) ahli media, yaitu hasil evaluasi guru teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha adalah perhitungan deskriptif, dan persentase menunjukkan (91,88%) penilaian rentang sangat baik; (c) Hasil evaluasi dua ahli BK yaitu guru sekolah menunjukkan persentase (94,5%) berada dalam rentang hasil sangat baik. Media permainan ular tangga diuji untuk mencari cara untuk meningkatkan perilaku coping mereka. Uji efisiensi media permainan dilakukan pada 20 siswa kelas XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja dengan rancangan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pengujian. Alat bantu ular tangga ini secara efektif dapat meningkatkan perilaku siswa sekolah menengah. Abstract: This study aims to develop and test the acceptability of the Snakes and Ladders game tool to improve the behavior of high school students. It was developed as a directed guidance tool for teachers to improve students' coping skills by providing guidance services in schools. Research Results (1) Improved coping behavior The snake and ladder game tool is considered appropriate for: (a) The results of peer-reviewed materials are: Descriptive calculation of Ganesha Education University lecturers with percentage showing (90.48%), very good in the evaluation range (b ) media experts, namely the results of the evaluation of educational technology teachers at Ganesha University of Education is a descriptive calculation, and the percentage shows (91.88%) very good range assessment; (c) The results of the evaluation of two BK experts, namely school teachers, showed that the percentage (94.5%) was in the very good range of results. The snake and ladder game media was tested to find ways to improve their coping behavior. Game media efficiency test was conducted on 20 students of class XI SMA Laboratorium Undiksha Singaraja with experimental group design before and after testing. This snake ladder tool can effectively improve the behavior of high school students.
Pengembangan Skala Kemandirian Pengambilan Keputusan Studi lanjut Pada Siswa Rausyan Risyda; I Ketut Gading; Gede Nugraha Sudarsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.586

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat pengambilan keputusan independen untuk melanjutkan pendidikan siswa sekolah menengah. Alat ini merupakan alat ukur bagi guru bimbingan konseling untuk mengukur tingkat kemandirian siswa dalam pengambilan keputusan dalam penelitian lanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian exploratory design, dibagi menjadi 8 tahap: 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pra pengembangan 4) uji lapangan pertama 5) perbaikan produk 6) uji lapangan 7) uji lapangan perbaikan produk 8) penjualan dan implementasi. Tiga ahli dan dua praktisi dari bidang konsultasi berpartisipasi dalam penelitian ini, tugas mereka adalah menguji kelayakan instrumen yang dikembangkan. Mengguunakan rumus rasio kredibilitas konten (CVR) dan indeks kredibilitas konten (CVI) untuk mengumpulkan dan menganalisis data penelitian. kategori. Uji instrumen menguji 100 siswa. Hasil uji skala dianalisis, dan penggunaan validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa skala keputusan independen memenuhi standar efektif dan reliabel untuk penelitian lebih lanjut, dan menjadi alat untuk mengukur kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut siswa sekolah menengah atas. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen pengambilan keputusan independen untuk melanjutkan studi dikatakan sangat layak. Abstract: The aim of this study was to develop an independent decision-making tool for continuing education of secondary school students. This tool is a measuring tool for counseling guidance teachers to measure the level of student independence in decision making in further research. This research is an exploratory design research, divided into 8 stages: 1) research and data collection 2) planning 3) pre-development 4) first field test 5) product improvement 6) field test 7) product improvement field test 8) sales and implementation. Three experts and two practitioners from the consulting field participated in this study, their task was to test the feasibility of the developed instrument. Using the content credibility ratio (CVR) and content credibility index (CVI) formulas to collect and analyze research data. category. The instrument test tested 100 students. The results of the scale test were analyzed, and the use of validity and reliability showed that the independent decision scale met the effective and reliable standards for further research, and became a tool to measure the independence of decision making in advanced studies of high school students. Based on these results, the independent decision-making instrument to continue the study is said to be very feasible.
Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Consistency Personality Pada Masa Pra Remaja Ni Koming Evi Savitri; Ni Ketut Suarni; Kadek Suranata
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.587

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengasilkan produk berupa instrumen pengukuran karakter consistency personality pada pra-remaja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah penelitian berdasarkan model 4D yang meliputi define, design, develop, dan dessminate. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana dengan jumlah 90 peserta didik dari kelas VII dan VIII. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner diukur dengan skala likert. Berdasarkan uji ahli oleh 5 validator instrumen dinyatakan layak diujicobakan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas dengan hasil yang didapatkan dengan 35 butir pernyataan didapatkan hasil valid, maka instrumen yang telah disusun oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai layanan Bimbingan Konseling kepada peserta didik. Berdasarkan uji terbatas tersebut maka instrumen pengukuran karakter consistency personality pra-remaja siswa SMP di Kota Singaraja dinyatakan reliabel dengan taraf klasifikasi reliabilitas tinggi. Abstract: This research was carried out with the aim of producing a product in the form of a consistency personality measurement instrument for pre-adolescent students. This study uses a research and development approach with research steps based on a 4D model which includes define, design, develop, and dessminate. Samples were taken using a simple random sampling technique with a total of 90 students from class VII and VIII. The data collection used in the form of a questionnaire measured by a Likert scale. Based on the expert test by 5 validators the instrument was declared feasible to be tested. The results of the study after the validity test was carried out with the results obtained with 35 statement items obtained valid results, then the instrument that has been prepared by the researcher is feasible to be used as a Counseling Guidance service to students. Based on the limited test, the instrument for measuring the consistency personality character of pre-adolescent junior high school students in Singaraja City was declared reliable with a high level of reliability classification.
Pengembangan Panduan Konseling Client Centered untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa Ni Putu Ika Septiari; Ni Ketut Suarni; Gede Nugraha Sudarsana
Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Bimbingan dan Konseling Indonesia
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jurnal_bk.v6i1.588

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan buku panduan konseling client centered yang efektif untuk pengembangan karakter kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan berpedoman pada tahapan model 4D yaitu, define, design, development, dan dessminate. Subjek penelitian ini meliputi 5 pakar dalam bidang bimbingan konseling yang terdiri dari 2 dosen bimbingan konseling dan 18 sampel dari siswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Kelayakan isi produk diuji berdasarkan penilaian validitas oleh 5 ahli dan dianalisis dengan metode analisis content validity ratio dan content validity index. Uji efektivitas produk diujikan kepada 18 siswa dalam dua tahap yaitu pre-test dan post-test yang dianalisis dengan metode one paired sample t-test. Hasil penelitian ini mendapati bahwa buku panduan konseling client centered untuk mengembangkan karakter kemandirian adalah layak untuk digunakan. Abstract: This research was conducted with the aim of developing an effective client centered counseling guidebook for the development of students' self-reliance character. This study uses a research and development design guided by the stages of the 4D model, namely, define, design, development, and dessminate. The subjects of this study included 5 experts in the field of counseling guidance consisting of 2 counseling guidance lecturers and 18 samples of students taken using simple random sampling method. The feasibility of the product content was tested based on the validity assessment by 5 experts and analyzed using the content validity ratio and content validity index analysis methods. The product effectiveness test was tested on 18 students in two stages, namely pre-test and post-test which were analyzed using the one paired sample t-test method. The results of this study found that the client centered counseling guidebook to develop the character of independence was feasible to use.

Page 1 of 12 | Total Record : 115