Instagram tidak sekedar sebagai sebuah media sosial hanya untuk berbagi foto maupun video kepada pengguna lain. Namun juga dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis dan brand secara lebih luas. Instagram berada diposisi ketiga sebagai media sosial yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya diketahui bahwa Instagram sebagai media memiliki pengaruh terhadap pembentukan maupun peningkatan brand image suatu brand. Situasi ini mendorong peneliti untuk menjalankan penelitian perihal seberapa besar pengaruh terpaan media di Instagram berupa konten-konten iklan dan pemasaran lainnya terhadap brand image Menantea. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari terpaan konten-konten di Instagram yang dijadikan sebagai informasi mengenai brand Menantea terhadap tingkat brand image Menantea dengan menguji teori advertising exposure. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kuantitatif dan memakai kuesioner. Dibagikan kepada followers akun @menantea.toko yang merupakan akun resmi Instagramnya Menantea sebagai sampel dari penelitian ini yang melibatkan 100 orang responden. Sampel yang dipakai adalah non probability sampling serta menggunakan teknik purposive sampling. Perolehan dari penelitian memperlihatkan ditemukan pengaruh sebesar 37,8% dari terpaan media dalam hal ini di media sosial Instagram terhadap brand image pada akun resmi Instagram @menantea.toko. Penelitian ini mengidentifikasi dua dimensi dengan hasil nilai tertinggi ialah dimensi atensi dari terpaan media serta dimensi strength dari brand image atau citra merek.
Copyrights © 2023